55589860JAKARTA, TODAY—Perusahaan konstruksi pelat merah, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) memperoleh fasilitas pinjaman sebesar Rp4,59 triliun yang berasal dari beberapa bank atau sindikasi.

Sekretaris Perusahaan Waskita Karya, Hadi Purnomo mengatakan bank-bank pemberi fasilitas tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, The Bank of Tokyo-Mitsubishi Ltd, PT Sarana Multi Infrastruktur, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan-Bangka Belitung serta PT Bank Jabar Banten Tbk.

“Adapun fasilitas pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha utama Waskita,” ujarnya dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Rabu (19/10/2016).

BACA JUGA :  Lauk Praktis untuk Makan Siang, Suun Goreng Telur dan Kol yang Enak dan Nikmat

Hadi menjelaskan, perjanjian pinjaman sindikasi ini dibuat berdasarkan Akta Perjanjian Kredit No.89 pada 17 Oktober 2016 di hadapan Ariani Lakhsmijati Rachim S.H. selaku Notaris di Jakarta.

Sebelumnya, Waskita Karya memberikan pinjaman kepada anak usahanya di bidang pembangunan jalan tol, PT Waskita Toll Road sebesar Rp179 miliar untuk setoran modal dan kegiatan operasional.

Waskita Toll Road merupakan perusahaan terkendali perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 99,99 persen. Transaksi ini merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana diatur di dalam Peraturan Bapepam-LK No.lX.E.1 yang keterbukaan informasinya wajib diumumkan kepada masyarakat.

“Nilai fasilitas pinjaman yang disediakan perseroan bagi Waskita Toll Road adalah sampai dengan sejumlah Rp179,09 miliar dengan besarnya bunga atas fasilitas ini adalah 9,5 persen per tahun dari jumlah utang,” ujar Hadi belum lama ini.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging dan Kentang untuk Menu Andalan Keluarga

Sampai Juli 2016, nilai kontrak baru yang dikantongi Waskita mencapai Rp45,6 triliun. Angka tersebut mencapai 69,1 persen dari target nilai kontrak baru 2016 sebesar Rp66 triliun. Perusahaan sendiri membutuhkan pembiayaan sebesar Rp100 triliun hingga 2018 untuk membangun sejumlah proyek jalan tol di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Dengan begitu, total aset Waskita dapat mencapai Rp80 triliun hingga akhir 2018. (cnn)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================