MELBOURNE, TODAY- Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, berhasil menjuarai MotoGP Australia setelah menyelesaikan balapan 27 putaran dengan catatan waktu tercepat 40 menit 48,543 detik di Sirkuit Philip Island, Minggu, 23 Oktober 2016.

Kemenangan itu menjadi kali kedua pembalap asal Inggris tersebut berdiri di podium tertinggi sepanjang musim balap 2016, setelah sebelumnya menjuarai MotoGP Cek di Sirkuit Masaryk, Brno, 21 Agustus 2016.

Baca Juga :  Gibran,Bocah Asal Kabupaten Bogor, Sabet Juara 1 di Ajang Taekwondo Challenge Kemenpora

Di podium, Crutchlow didampingi juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi (Movistar Yamaha), di tempat kedua dan Mark Vinales (Suzuki Ecstar) di posisi ketiga. Keduanya menyelesaikan balapan dengan waktu terpaut 4,128 detik dan 5,309 detik jauhnya dari catatan waktu Crutchlow.

Meski demikian, keduanya memperlihatkan peningkatan posisi yang signifikan. Rossi sukses finis kedua setelah memulai balapan dari posisi start ke-15, sedangkan Vinales dari posisi start ke-13.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

Pembalap yang sudah memastikan gelar juara dunia dan memulai dari posisi start terdepan, Marc Marquez (Repsol Honda), gagal menyelesaikan lomba setelah terjatuh di tikungan keempat pada putaran ke-10. Dengan demikian, Marquez untuk pertama kalinya sepanjang musim ini gagal menyelesaikan lomba.