MELBOURNE, TODAY- Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, berhasil menjuarai MotoGP Australia setelah menyelesaikan balapan 27 putaran dengan catatan waktu tercepat 40 menit 48,543 detik di Sirkuit Philip Island, Minggu, 23 Oktober 2016.

Kemenangan itu menjadi kali kedua pembalap asal Inggris tersebut berdiri di podium tertinggi sepanjang musim balap 2016, setelah sebelumnya menjuarai MotoGP Cek di Sirkuit Masaryk, Brno, 21 Agustus 2016.

Di podium, Crutchlow didampingi juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi (Movistar Yamaha), di tempat kedua dan Mark Vinales (Suzuki Ecstar) di posisi ketiga. Keduanya menyelesaikan balapan dengan waktu terpaut 4,128 detik dan 5,309 detik jauhnya dari catatan waktu Crutchlow.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menuju Vietnam, Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski demikian, keduanya memperlihatkan peningkatan posisi yang signifikan. Rossi sukses finis kedua setelah memulai balapan dari posisi start ke-15, sedangkan Vinales dari posisi start ke-13.

Pembalap yang sudah memastikan gelar juara dunia dan memulai dari posisi start terdepan, Marc Marquez (Repsol Honda), gagal menyelesaikan lomba setelah terjatuh di tikungan keempat pada putaran ke-10. Dengan demikian, Marquez untuk pertama kalinya sepanjang musim ini gagal menyelesaikan lomba.

Selain Marquez tak kurang dari tiga pembalap lain, yakni Hector Barbera (Ducati), Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar), dan Loris Baz (Avintia), gagal menyelesaikan lomba. Baz bahkan tak sempat melakukan satu putaran penuh, sedangkan Aleix Espargaro menyisakan lima putaran dan Barbera tiga putaran.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Final Swiss Open 2024

Andrea Dovizioso (Ducati) yang memulai dari urutan kesembilan berhasil menutup balapan di posisi keempat, sedangkan Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech 3) yang memulai di urutan kedua malah harus selesai di urutan kelima.

Nicky Hayden (Repsol Honda) yang menggantikan Dani Pedrosa yang tengah cedera, hanya bisa menyelesaikan lomba di urutan paling buncit dengan catatan waktu terpaut 1 menit 22,604 detik dari posisi terdepan.

Berikut ini hasil lengkap balapan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu, seturut laman resmi MotoGP (urutan, nomor motor, pembalap, tim, negara, catatan waktu).

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================