s__33775622

KHABEESANA Craf sebuah inovasi baru dari Ibu Kori, seseorang yang memanfaatkan buku bekas menjadi pajangan yang ciamik dan terjangkau. Khabeesana Craf adalah usaha rumahan yang di mulai sejak tahun 2015. Mulai dari kotak tissue sampai lampu kamar lucu yang beraneka ragam bentuknya.

“Bahan baku kerajinan ini biasanya dari rotan, karena banyak buku-buku bekas dirumah ya saya coba aja dan ternyata hasilnya lebih bagus karna mudah dibentuk” Jelas dia, kemarin.

Ibu Kori awalnya hanya mengkoleksi kerajinan tangannya ini sampai satu lemari dan memajangnya di Display Picture BBM (Blackberry Messenger) dan upload di Facebook. Ternyata ada yang memesan, awalnya satu sampai tiga orang dan lama-lama banjir pesanan.

Pemasaran hanya lewat online dan belum memiliki toko atau ada di Botani Square dan biasanya ada permintaan dari hotel-hotel dan Papyrus, tetapi belum sempat diterima karena masih minimnya tenaga kerja. Selama ini Ibu Kori hanya mengerjakan sendiri karna membuat bentuk-bentuk yang beraneka ragam sulit. Hanya Mila yang membantu, itu pun hanya melinting kertas buku saja.

Harga yang terjangkau membuat “Khabeesana Craf” semakin kebanjiran order. “Kalo harga tergantung tingkat kesulitan pembuatannya sih.” tandas, Ibu Kori. Harga berkisar di Rp 20 Ribu hingga Rp 200 Ribu.

“Buat bahan baku nggak terlalu susah karna banyak tetangga yang punya buku bekas, palng Cuma beli lem sama glitter aja biar hasilnya lebih mengkilat.” Jelas Ibu Kori.

Khabeesana Craf sendiri memiliki filosofi yang bagus. Kata kha merupakan singkatan dari kabar dan bee sendiri adalah lebah yang biasanya menghasilkan sesuatu yang baik sedangkan sana itu kesana-kesini. “Harapan kedepannya saya inigin mengajak ibu-ibu disekitar saya, bahwa sampah yang kita sia-siakan kalo kita telaten itu hasilnya bagus, karena disekitar rumah banyak yang bisa dimanfaatin.” Tutup Ibu Kori. (Wildan Hamdani)