auiofvghj

BOJONGGEDE TODAY – Pembangunan Indonesia Dimulai dari Penetapan dan Penegasan Batas desa atau kelurahan. Penetapan dan penegasan batas desa dan kelurahan merupakan cikal bakal bagi penetapan dan penegasan batas pada level di atasnya, bahkan merupakan awal pembangunan Indonesia.

Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor menjadi desa percontohan, karena pembuatan batas wilayah dan pembuatan data kependudukan berbasis IT (online, red). Pembahasan itupun dibahas dalam Musyawarah Program Penetapan Batas Desa dan Pendataan Kependudukan bersama Tim Pendamping Desa, BPD, LPM, dan Tim Kotaku.

Baca Juga :  Plt. Bupati Bogor Akan Dukung Apapun Kegiatan NU

“Kedepan Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede punya perencanaan berbasis masyarakat dan menerbitkan buku ‘susukan dalam angka’ termasuk peta digital desa, pemetaan tersebut dilakukan sebagai implementasi Undang – undang nomor 4 tahun 2011 tentang, informasi geospasial dan Undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” ujar Pendamping Desa Kecamatan Bojonggede, Iman Taufik.

Baca Juga :  Pemkab Bogor dan BJB Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

Berdasarkan Undang – undang nomor 6 tahun 2014, didefinisikan bahwa desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan.

“Kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat. Batas wilayah Desa yang dinyatakan dalam bentuk Peta Desa ditetapkan dengan peraturan bupati atau walikota,” tandas pria yang akrab disapa Kadir itu. (Iman R Hakim)