SUKABUMI TODAY- Pengerjaan proyek tol Sukabumi-Padalarang sepanjang 60 kilometer (km) akhirnya diberi penugasan langsung oleh pemerintah kepada PT Waskita Toll Road dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Kedua perusahaan tersebut bakal berbagi peran dalam melakukan pembangunan sehingga proses pembangunan diharapkan bisa rampung dalam waktu yang lebih cepat.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, bila seluruh proses berjalan lancar, maka jalan tol ini sudah bisa dinikmati masyarakat pada tahun 2019.

“Target selesai ini harapan kami sih 2019. Tapi nanti akan dibahas lagi. Sekarang kan tergantung tanah. Kalau studi, dokumen sampai penlok (penetapan lokasi) bisa selesai tahun ini, pengadaan tanah paralel, 2 tahun selama 2018-2019, kalau bisa 2019 ya bagus banget,” kata Herry, Rabu (1/3/2017).

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Okra untuk Diet Turunkan BB

Herry mengatakan, Waskita Toll Road nantinya akan mengerjakan jalan tol yang dari arah Sukabumi sepanjang 30 km, tersambung dengan ruas tol Ciawi-Sukabumi yang saat ini juga tengah dikerjakan. Sedangkan 30 km menuju Padalarang akan digarap oleh Jasa Marga yang saat ini telah mengoperasikan tol Cipularang.

Saat ini BPJT sendiri memberi waktu kepada Badan Usaha untuk menyiapkan dokumen kelengkapan dan studi kelayakannya, berikut biaya investasi dan perencanaan penetapan lokasi (penlok). Jika penlok dan seluruh dokumen sudah selesai sebelum akhir tahun ini, diharapkan pengadaan tanah bisa langsung dilaksanakan dan secara paralel juga dilakukan konstruksi.

Keberadaan jalan tol ini sangat penting. Selama ini, sambung Herry, arus kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Bandung terkonsentrasi di ruas jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Akibatnya, beban ruas ini sangat tinggi dan sering terjadi kemacetan. Terutama saat hari libur akhir pekan dan libur-libur nasional.

BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal, Truk di Imogiri-Panggang Terbalik saat Menanjak

Dengan jalan tol ini, nantinya perjalanan ke Bandung bisa dilayani dengan jalan tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang yang tersambung dengan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang proses pembangunannya tengah berjalan dan terhubung dengan jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang saat ini sudah eroperasi.

“Dari Jakarta ke Bandung itu kan kalau lewat puncak, harus dari Jagorawi ke Sukabumi dulu. Dari Sukabumi harus ke Ciranjang baru ke Padalarang. Nah kita perlu percepat rute yang dari Sukabumi ke Bandung, sehingga lalu lintas Jakarta-Bandung punya opsi. Tidak semua lewat Cipularang,” tutup dia. (Yuska Apitya/dtk)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================