Permintaan ini menguatkan kecurigaan bahwa Korut merupakan dalang di balik kematian Jong-nam, layaknya yang dilontarkan oleh Korea Selatan sebelumnya. Geram permintaan negaranya tak dipenuhi, Kang Chol menuduh Malaysia “berkolusi” dengan negara asing. Tak terima, Malaysia pun menegur Kang Chol dan menarik duta besarnya dari Pyongyang.

Sejak saat itu, hubungan kedua negara kian memburuk. Malaysia menyebut Korut tak kooperatif dalam proses penyelidikan ini.

BACA JUGA :  Kolaborasi Antisipasi Krisis Iklim Melalui Penanaman Pohon di Wilayah Kabupaten Bogor

Hingga kini, Malaysia masih memburu tujuh warga Korut yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Jong-nam ini. Salah satu di antaranya adalah diplomat senior yang menjabat sebagai Sekretaris Kedua di Kedubes Korut di Kuala Lumpur.

Sebelumnya, Malaysia sudah menangkap empat orang, termasuk satu warga Korut yang kemudian dibebaskan, dan dua perempuan dari Malaysia dan Indonesia.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria di Parit Mandan Sukoharjo, Tak Ditemukan Kartu Identitas

Kedua perempuan itu merupakan orang yang tertangkap kamera CCTV ketika sedang membekap wajah Jong-nam di bandara Kuala Lumpur. Setelah itu, Jong-nam mengaku pusing-pusing hingga akhirnya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.(Yuska Apitya/reuters)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================