BOGOR TODAY- Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini kembali mempertahankan posisinya dalam daftar Top 100 World Class University, berdasarkan pemeringkatan QS World University by Subject on Agriculture and Forestry.

Pemeringkatan tersebut, didasarkan pada reputasi akademik dan lulusan (academic and employer survey) dan jumlah sitasi terhadap publikasi yang terindeks di scopus database.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Anas Miftah Fauzi, mengatakan, hasil pemeringkatan ini menegaskan posisi IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka. Hal itu, lanjut dia, sejalan dengan visi IPB yakni menjadi terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat internasional di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika.

BACA JUGA :  Pencok Kentang Betawi, Makanan Renyah yang Gurih Bikin Nagih

Berdasarkan scopus database, publikasi IPB menempati urutan keempat di Indonesia, dengan jumlah publikasi tahun 2016 tercatat 550 Artikel, dan total sitasi dalam 4 tahun terakhir (2013-2016) sebanyak 2.342. Selain itu, IPB juga unggul dalam jumlah inovasi dan paten.

BACA JUGA :  Tak Sama dengan Nyamuk yang Lain! Ini Dia 5 Ciri Nyamuk Penyebab DBD

Jumlah pendaftaran paten IPB sampai akhir 2016, kata Anas, tercatat sebanyak 349 terbanyak di Indonesia untuk kategori paten dari Perguruan Tinggi.

============================================================
============================================================
============================================================