CIBINONG TODAY – Maraknya berbagai peristiwa Bencana Alam yang terjadi akhir-akhir ini, membuat seluruh Pimpinan Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Pemkab Bogor tidak tinggal diam. Berbagai upaya dilakukan, termasuk melakukan rapat koordinasi terkait program pengurangan risiko bencana yang dibuka secara langsung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bogor Burhanudin di ruang rapat I Setda Kabupaten Bogor, pada Rabu (8/3/2017).

Diawal sambutannya, Burhanudin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh pemangku kepentingan, PMI, relawan, kalangan dunia usaha dan para penggiat penanggulangan bencana serta semua pihak yang selama ini telah bekerja keras dalam mengatasi setiap kejadian bencana di Kabupaten Bogor. “Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah rawan bencana di Jawa Barat, baik yang diakibatkan oleh iklim maupun aktivitas geologi atau vulkanologi,” ujar Burhan.

BACA JUGA :  Punya Nangka Muda di Rumah? Mending Dibuat Ini

Salah satu upaya pengurangan resiko bencana yang harus dilakukan adalah deteksi dini risiko bencana untuk menyiapkan informasi yang dibutuhkan dalam rangka mengantisipasi dan menurunkan tingkat risiko.

“Dengan adanya analisis risiko bencana kita adapat menentukan tingkat keterancaman masyarakat atas dampak kedaruratan serta memastikan kemampuan masyarakat beserta lingkungannya untuk mengantisipasi, mengatasi, dan pulih dari bencana,” jelasnya.

============================================================
============================================================
============================================================