BOGOR TODAY- Setelah sempat tertunda hampir sebulan, Pemkot Bogor akhirnya me-launching program rerouting (mengubah rute) angkutan kota (angkot), Selasa (14/3). Diharapkan melalui rerouting Angkot dapat mengurangi kemacetan di pusat kota.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam keterangannya menuturkan, perubahan rute ini dilakukan secara masif dan baru dilakukan pertama kali Kota Bogor.

“Kemacetan di pusat kota sudah sangat parah. Oleh karena itu, kemacetan akan dikurangi dengan adanya program rerouting angkot,” ujar Bima di Balai Kota, Selasa (14/3/2017).

Setelah diberlakukan rereouting dari 23 trayek berubah menjadi 30, mencakup 68 kelurahan se-kota Bogor dan harapkan mencakup 80 persen jaringan jalan.

BACA JUGA :  Paripurna LKPJ Wali Kota Bogor 2023, Pemkot Siap Tindaklanjuti Rekomendasi

Bima menjelaskan, kemacetan terjadi bukan hanya kurangnya infrastruktur jalan, tetapi juga kultur masyarakat Kota Bogor. Salah satunya, yaitu sopir angkot yang sering ngetem sembarangan. “Masyarakat juga harus lebih tertib pada aturan sehingga kemacetan dapat dikurangi,” ucapnya.

Sebab, kata dia, menemukan banyak sikap sopir angkot yang sudah kelewat batas. Misalnya, ketika dia melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar baru-baru ini. Tiba-tiba terjadi macet yang cukup panjang. Kendaraan terlihat ngantre berderet-deret. Ternyata setelah dicek ke lokasi, penyebabnya angkot ngetem.

BACA JUGA :  Pria di Denpasar Bunuh Teman Kencan, Diduga Kesal Ditagih Uang Tambahan

Kepala Dishub Kota Bogor, Rakhmawati mengakui, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak sebelum launching rerouting. “Semua sudah dipersiapkan. Bahkan, kami melibatkan aparat wilayah terkait sosialisasi program tersebut,” urainya.

Selain itu, sambung Rakhma, pihaknya juga sudah mengoordinasikan program rerouting angkot, baik dengan Polresta Bogor Kota dan Kodim 0606 Kota Bogor.

“Kami bertemu kapolresta dan dandim untuk mendukung kegiatan ini. Kemudian, Organda juga sudah klir dan bantu keterlibatan sopir angkot dan badan hukum untuk menyukseskan rerouting angkot,” tandasnya.(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================