Kendaraan produksi dalam negeri masih didominasi varian Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), dan Low Cost Green Car (LCGC). Sementara, konsumen Australia lebih meminati kendaraan berjenis sedan, kabin ganda atau mobil berpenggerak 4×4.

Terkait penerapan standar emisi Euro4, Airlangga mengklaim, pelaku industri siap untuk menjalankan aturan. Kemenperin juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Pertamina, perusahaan migas pelat merah.

BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Madu Lemon Blewah yang Enak Dinikmati saat Cuaca Panas

Diharapkan, penerapan Euro4 bisa terlaksana pada 2019 mendatang. Harapan tersebut bisa terpenuhi apabila pembangunan kilang minyak di Cilacap rampung. Di sisi lain, untuk mendukung konsep ramah lingkungan dan memperluas pasar ekspor, Kemenperin juga telah mendorong produsen agar memproduksi kendaraan beremisi rendah (low carbon emission vehicle/LCEV). Kemenperin mencatat, subsektor industri alat angkutan, termasuk industri otomotif, memberikan sumbangan terhadap PDB 2016 sektor industri non migas yang mencapai 10,47 persen atau terbesar ketiga setelah sub sektor industri makanan dan minuman (32,84 persen) serta subsektor industri barang logam, komputer, elektronik, optik, dan peralatan listrik (10,71 persen). (Yuska/ant)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================