Pihak kementerian berjanji mengusut dugaan pelanggaran yang terjadi di rutan karena menjadi pemicu insiden. Seluruh pejabat dan petugas rutan langsung diganti untuk menenangkan tahanan.

Pertimbangkan pencopotan Kakanwil

Yasonna kini mempertimbangkan untuk mencopot Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Ferdinand Siagian terkait kaburnya ratusan tahanan di Pekanbaru.

“Pimpinan bukan tidak tahu tapi sengaja dibiarkan. Kalau Kakanwil dicopot ada penelitian dari direktorat jenderal. Dirjen yang kasih rekomendasi, kita ada tahapan,” kata Yasonna.

BACA JUGA :  Kebakaran di Sumedep Hanguskan Gudang Pabrik Mebel

Kepala Sub Bagian Publikasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Syarpani dalam keterangan terpisah menyatakan Kepala Rutan Kelas II B Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Teguh Tri Hatmanto telah ditarik dari jabatannya.

“Bahwa benar Kepala Rutan Teguh Triatmanto ditarik, bukan dicopot, ke kantor wilayah Riau. Sementara digantikan pejabat pelaksana harian (Plh) oleh Pak Ansar, Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru),” kata Syarpani.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Sop Buntut Sapi yang Empuk Dijamin Menggugah Selera

Selain Teguh, ada dua pejabat rutan yang juga turut ditarik ke kantor wilayah Riau, yaitu Kepala Sub Bagian Pengamanan dan Kepala Sub Bagian Administrasi Perawatan. Syarpani mengatakan penarikan itu dilakukan untuk memeriksa ketiganya terkait dengan kaburnya ratusan narapidana dan tahanan tersebut. “Hal ini dilakukan untuk pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sebab kaburnya napi dan tahanan,” ucapnya. (Yuska Apitya/cnn)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================