Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengaku telah menyiapkan uang tunai senilai total Rp67,4 triliun pada periode ramadan dan lebaran tahun ini.

“Itu naik 7 persen dari kebutuhan tahun lalu sebesar Rp62,6 triliun,” kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bank akan mendistribusikan uang tunai secara bertahap pada seminggu sebelum dan sesudah lebaran. Saluran distribusi yang digunakan mulai dari mesin Automatic Teller Machine (ATM), kantor cabang, hingga mobil penukaran uang. Dengan demikian, kebutuhan uang tunai masyarakat bisa terpenuhi.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Sebelumnya, BI menyatakan bakal menyiapkan tambahan uang tunai sebesar Rp167 triliun guna mengantisipasi melonjaknya permintaan uang tunai pada periode ramadan dan perayaan Idul Fitri 1438 H. Jumlah itu naik sekitar 14 persen dari jumlah tambahan uang beredar pada periode yang sama, yakni Rp146 triliun.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

“Pengalaman sepuluh tahun terakhir, rata-rata uang yang diedarkan (pada periode lebaran) itu meningkat 14 persen,” ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo dalam konferensi pers di Gedung Thamrin BI, Kamis (18/5) lalu. (Yuska Apitya)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================