Lebih lanjut, Agus mengungkapkan tahap elektronifikasi hanyalah tahap pertama dari empat tahap untuk mewujudkan penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF), yaitu proses pembayaran tol tanpa henti atau pengguna jalan tol tidak harus menghentikan kendaraan di gerbang tol.

Setelah elektronifikasi, selanjutnya adalah tahap integrasi sistem ruas jalan tol yang akan dilakukan pada Oktober hingga Desember 2017. Dengan demikian, transaksi kartu elektronik hanya dilakukan pada saat masuk dan keluar gerbang tol, tanpa perlu membayar berkali-kali.

“Pengguna cukup tap satu kali pada saat masuk dan keluar,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 16 Mei 2024

Ketiga, tahap integrasi ruas jalan tol serta pembentukan Konsorsium Electronic Toll Collection (ETC) yang terdiri dari berbagai pihak terkait mulai dari operator jalan tol, perbankan, dan perusahaan switching dengan pengawasan BI.

Konsorsium ETC merupakan institusi yang berfungsi mengintegrasikan informasi data transaksi dan tarif untuk seluruh ruas jalan tol. Konsorsium ETC nantinya akan berperan besar dalam tahap integrasi ruas jalan tol, serta dalam penyempurnaan model bisnis serta aspek teknis elektronifikasi. “Konsorsium ETC ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2017,” ujarnya.

Terakhir, tahap penerapan MLFF di seluruh gerbang tol yang diharapkan bisa terwujud pada 2018.

BACA JUGA :  HJB Kota Bogor ke-542 Usung Tema 'Raharja Gawe Rancage', Ternyata Ini Maknanya

Selain kesepakatan terkait elektronifikasi jalan tol, disepakati pula penerapan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk layanan keuangan di lingkup Kementerian PUPR. Kerja sama juga disepakati dalam penerapan kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, sesuai ketentuan yang diterbitkan Bank Indonesia pada 2015. Koordinasi yang harmonis antara Bank Indonesia dan Kementerian PUPR diharapkan dapat semakin meningkatkan kinerja kedua lembaga dan mendukung pencapaian tugas, termasuk terjaganya stabilitas ekonomi dengan pertumbuhan yang berkesinambungan. (Yuska Apitya/CNN)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================