JAKARTA TODAY- Kementerian Perdagangan memastikan pasokan bawang putih selama bulan Ramadan akan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam rapat koordinasi pangan, Rabu (31/5) Menteri Perdagangan Enggartiato Lukita mengklaim, pemerintah dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan telah melakukan intervensi guna meredam gejolak harga yang sempat terjadi beberapa lalu.

Enggar mengatakan terdapat 26 importir yang telah mendaftarkan posisi stoknya serta rencana pelepasan stok ke pasar. Dari laporan tersebut diketahui, terdapat 25 ribu ton bawang putih yang telah terdaftar dan akan masuk ke Indonesia hingga akhir Ramadan nanti.

BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sambal Goreng Tahu dan Krecek yang Pedas dan Gurih Bikin Nagih

“Jadi perlu diketahui bahwa bawang putih dalam waktu yang tidak terlalu lama dan dimulai dari akhir minggu ini akan terus turun, karena harga perolehan mereka sudah turun, apalagi dengan jumlah signifikan akan digelontorkan,” ujar Enggar di kantornya, Rabu (31/5).

BACA JUGA :  Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkan, Siswi SMA di Cilacap Ditangkap

Saat ini Indonesia memang masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan bawang putih di dalam negeri. Enggar menyebut hampir 95 persen bawang putih yang beredar di Indonesia berasal dari China, sedangkan sisanya berasal dari India.

============================================================
============================================================
============================================================