JAKARTA TODAY – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, menerima kunjungan kerja Assistant Commissioner for International and National Security Selandia Baru, Michael Pannet, dalam rangka membicarakan masalah penanggulangan terorisme di masing-masing negara. Pertemuan tersebut dilakukan di kantor BNPT Jakarta.

“Maksud pihak Selandia Baru ini untuk berkunjung ke BNPT tentunya untuk saling bantu membantu dan sharing informasi terhadap  masalah pola penanganan terorisme dan pencegahannya,” ujar Kepala BNPT, Komjen Pol. Suhardi Alius, usai melakukan pertemuan tersebut, Rabu (2/8/2017).

BACA JUGA :  Resep Membuat Ayam Bakar Kecap untuk Menu Buka Puasa yang Menggugah Selera

Kepala BNPT menjelaskan bahwa di dalam pertemuan tersebut pihaknya dan Selandia Baru juga saling bertukar pengalaman mengenai penanggulangan terorisme di masing-masing negara, termasuk bagaimana cara menghadapi Foreign Terrorist Fighters (FTF) yang selama ini menjadi ancaman serius bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Dan tentunya dari pembicaraan tersebut terdapat beberapa kemiripan pandangan dan praktek yang dilakukan oleh negara kita dan Selandia Baru dalam mengaplikasikan pola pendekatan lunak terhadap keluarga dekat dari kelompok radikal. Termasuk program-program deradikalisasi yang kita lakukan selama ini seperti membangun masjid dan sebagainya,” kata pria yang pernah menjadi Kabareskrim Polri ini.

BACA JUGA :  Menu Buka Puasa dengan Udang Saus Padang yang Lezat Bikin Menggugah Selera

Untuk itu menurut mantan Kapolda Jawa Barat ini, dengan melihat tingginya ancaman terorisme baik di Indonesia dan Selandia Baru tersbut maka kedua negara sepakat untuk saling bantu membantu dalam masalah penanggulangan terorisme.

============================================================
============================================================
============================================================