“Pada hari ini pula, relawan Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar telah tiba di Dhaka untuk memulai memberikan dan menyalurkan bantuan kepada pengungsi dari Rakhine State di Bangladesh,” tulis KBRI Dhaka.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan bahwa Indonesia akan lebih dulu mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan ke Bangladesh, sebelum ke Myanmar.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Ayam Goreng Madu yang Praktis dan Lezat

Keputusan ini diambil karena Bangladesh menampung paling banyak pengungsi Rohingya yang mencoba lari dari kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Sejak bentrokan antara militer dan etnis minoritas di Rakhine kembali memanas pada 25 Agustus lalu, sedikitnya 410.000 Rohingya kabur ke Bangladesh, yang berbatasan langsung dengan Myanmar.

Retno mengatakan, RI akan segera mengirim bantuan ke Myanmar setelah pemerintah setempat memberikan daftar barang yang dibutuhkan. Saat bertemu dengan Duta Besar Myanmar untuk Indonesia, Ei Ei Khin Aye, Retno meminta agar daftar itu segera diserahkan ke RI. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat, tidak lama lagi pengiriman bantuan ke Myanmar bisa segera dilaksanakan,” kata Retno. (Yuska Apitya/kemenlu)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================