JAKARTA TODAY- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan dokumen sembilan partai politik telah lengkap dan diterima pendaftarannya untuk Pemilu 2019.

Partai politik yang dinyatakan lengkap dokumennya adalah Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, dan Golkar.

Sementara itu KPU mencatat masih ada lima partai politik yang belum diterima karena masih harus melengkapi dokumen persyaratan. Lima partai itu adalah Berkarya, Republik, PPP, Garuda, dan Partai Bhineka Indonesia.


KPU menyatakan ada delapan parpol yang telah mengonfirmasi bakal mendaftar pada hari ini, Senin (16/10). Delapan partai itu adalah Partai Idaman, PBB, PPPI, PKB, Demkrat, PPB, PIKA, dan PKI.

BACA JUGA :  Makan Siang dengan Ayam Suwir Bumbu Pedas Asam yang Bikin Menggugah Selera Keluarga

Pendaftaran parpol yang hendak jadi peserta pemilu 2019 berlangsung 3-16 Oktober 2017 di Gedung KPU. Parpol yang tak memenuhi syarat administrasi diberi kesempatan merevisi pada 18 November hingga 1 Desember 2017. Hasil revisi administrasi selanjutnya diumumkan 12-15 Desember 2017.

Setelah itu, KPU bakal melakukan proses verifikasi faktual dengan memeriksa langsung data yang dilaporkan ke lapangan. Bagi parpol yang tak ikut dalam pemilu sebelumnya, bakal diverifikasi total. Sementara itu parpol-parpol yang pada 2014 silam ikut pemilu hanya diverifikasi di provinsi pemekaran, Kalimantan Utara.

BACA JUGA :  Pemuda di Brebes Tewas Tenggelam di Sungai Nipon, Diduga Tak Bisa Berenang

Verifikasi ke lapangan dilakukan 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018. Jika revisi harus dilakukan parpol, maka verifikasi kembali dilakukan pada 21 Januari hingga 3 Februari 2018.

Berdasarkan penelitian dan verifikasi ini, parpol peserta Pemilu 2019 akan ditetapkan pada 17 Februari 2018. Pengumumannya dilakukan 20 Februari 2018, setelah dilakukan pengundian nomor urut oleh KPU. (Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================