CIBINONG TODAY – Festival Merah Putih (FMP) kembali digelar dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Pembukaan Festival Merah Putih 2018 berlangsung di di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada Sabtu 4 Agustus 2018 kemarin.

Pembukaan FMP 2018 ditandai dengan kirab bendera merah putih raksasa sepanjang 100 meter dengan lebar 5 meter. Kirab bendera diikuti ribuan orang dari berbagai unsur, mulai dari pejabat daerah, pengusaha, TNI/Polri, PNS, hingga masyarakat umum.

Festival Merah Putih tahun ini melibatkan dua wilayah teritori yakni Kota dan Kabupaten Bogor. Setelah pembukaan di Lapangan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, kegiatan serupa akan dilangsungkan di Kota Bogor pada Minggu 5 Agustus 2018.

BACA JUGA :  Tanam Padi Nutri Zinc, Bangun Ekosistem Percepatan Stunting

Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, inisiatif penyelenggaraan kirab ini selain dimaksudkan untuk menguatkan komitmen kebangsaan, nasionalisme dan rasa cinta tanah air, juga ditujukan untuk menyatukan berbagai elemen masyarakat dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

“Komitmen kebangsaan ini sangat penting, karena sebagai bangsa yang kaya dengan keragaman suku,budaya,adat istiadat, agama dan pandangan politik, kita berhadapan dengan kemajemukan dan perbedaan yang apabila tidak disikapi dengan bijaksana akan menjerumuskan kita ke dalam perpecahan dan pertentangan yang tidak perlu dan membahayakan stabilitas bangsa,” kata bupati.

BACA JUGA :  Pohon-Tiang Listrik Tumbang Hingga Tutup Jalan di Manggis Karangasem

Melalui kirab bendera merah putih ini, memberikan pesan kepada seluruh warga masyrakat, bahwa perbedaan dan keragaman yang dimiliki adalah cermin kebhinekaan yang tidak mengurangi kewibawaan sebagai bangsa yang bermartabat, justru memberi warna yang mempersatukan dan menghidupkan karakter sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================