Dia mengaku ingin belajar lebih dalam lagi disini, terutama sistem di Kampung Lawas Maspati. Seperti sistem pengelolaan lingkungannya, perawatannya bagaimana, sejauh mana peran pemerintah dan sejauh mana intervensi program pemerintah, serta sejauh mana peran warganya.

“Kesimpulan saya sejauh ini intervensi pemerintah masih minim, tapi peran warga maksimal disini. Banyak tokoh-tokoh lokal yang mengambil peran yang luar biasa, ada RT, RW,” tuturnya

Di Kota Bogor salah satu janjinya adalah membangun kampung tematik. Tahun depan pembangunannya sudah mulai digulirkan. “Nanti kita kaji bersama,” terangnya.

BACA JUGA :  TIPS JITU BERHENTI MEROKOK

Kabid Perencanaan Ekonomi dan Litbang Bappeda Kota Bogor Anne Dewiana Rulianti menuturkan, di 2018 pihaknya sudah menyusun dan merancang landscape atau desain sebelum DED untuk pembangunan fisik infrastruktur kampung tematik.

“Di 2018 ini ada 2 DED yang sudah selesai dan 2019 mulai pembangunannya. Kami harapkan selain support dari APBD juga dari CSR yang sedang diusahakan,” imbuhnya.

Bappeda Kota Bogor di 2017 lalu sudah mengidentifikasi rencana pembangunan kampung tematik, diantaranya dengan tema Agrowisata, kawasan bisnis dan pertanian, kampung Marawis, kampung warna-warni pelangi, kampung semut kroto, kampung kultur jaringan. “Nah itu tema-tema yang akan dibangun. Nanti di Babakan Pasar temanya adalah kampung Warna-warni pelangi,” katanya.

BACA JUGA :  Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati Bogor Tahun 2023, Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor Gelar Rapat Paripurna 

Dalam pembangunan kampung tematik ini kata Anne, juga akan dibangun sistem pemberdayaan masyarakat dengan mengenalkan keunikan kampung-kampung tematik yang ada di Kota Bogor

“Misalnya di Babakan Pasar, disitu ada berbagai pemeluk agama yang hidup rukun, bersatu dan guyub. Kampung ini nantinya akan dikenal sebagai kampung kebersamaan dalam keberagaman,” ujarnya. (Hendi)

 

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================