Istilah makanan super, atau superfood, makin sering terdengar beberapa tahun belakangan ini. Pada dasarnya, tidak ada acuan pasti tentang definisi superfood. Namun, superfood kerap diartikan sebagai produk makanan alami yang kaya nutrisi dan antioksidan.

Superfood murni ialah yang benar-benar diproses secara minimal, sehingga kandungan dan kualitas nutrisi benar-benar terjaga dan biasanya tidak memiliki banyak daftar bahan baku di dalam kemasannya. Superfood terbaik adalah dalam bentuk mentah.

Superfood banyak mengandung antioksidan sehingga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Menambahkan superfood ke dalam daftar makanan Anda dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan kesehatan lainnya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Kadin Laksanakan Pasar Murah Kendalikan Laju Inflasi Daerah

Berikut ini beberapa contoh makanan superfood dan khasiatnya untuk tubuh:

1.  Blueberry

Buah kecil berwarna ungu kehitaman ini berada pada urutan teratas superfood, karena mengandung vitamin yang sangat banyak, fitokimia, dan juga serat. Konsumsi makanan yang kaya fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Di samping blueberry, jenis beri lain seperti stroberi, raspberry, dan cranberry juga memiliki efek yang sama.

2.  Kedelai

Kacang kedelai mengandung isoflavon yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” (LDL) di dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu mencegah hilang ingatan yang disebabkan oleh pengaruh usia lanjut. Isoflavon yang terdapat di kedelai juga diketahui menjaga kesehatan tulang saat memasuki masa menopause.

BACA JUGA :  Menu Buka Puasa dengan Udang Saus Padang yang Lezat Bikin Menggugah Selera

3.  Teh hijau

Teh merupakan sumber antioksidan yang baik. Katekin, antioksidan kuat yang ditemukan di dalam teh hijau, memiliki manfaat antiradang dan antikanker. Minum teh hijau juga dapat membantu menurunkan kadar stres.

4.  Sayuran hijau

============================================================
============================================================
============================================================