Menurut Ahmad Tafsir, bahwa penelitian menunjukkan pembelajaran aspek knowing dan doing yang dilakukan guru PAI tidak gagal. Namun mereka banyak gagal pada pembinaan aspek keberagamaan (being). Siswa secara umum memahami ajaran Islam dan terampil melaksanakan ajaran tersebut, tetapi sebagian besar tidak melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Upaya dan proses memasukan pengetahuan dan keterampilan kedalam keperibadian inilah yang disebut internalisasi atau personalisasi.

Metode internalisasi diaplikasikan dalam bebagai teknik. Pertama, membiasakan prilaku beragama di sekolah. Pembiasaan merupakan salah satu teknik pendidikan yang bisa mengubah seluruh sifat-sifat baik menjadi kebiasaan, sehingga jiwa dapat menunaikan kebiasaan tanpa susah payah, tanpa kehilangan banyak tenaga, dan tanpa menemukan banyak kesulitan.

Kedua, keteladanan guru PAI. Keteladanan merupakan metode paling ampuh dan efektif dalam mempersiapkan dan membentuk anak secara moral, spiritual dan sosial. Ketiga, mewarnai sekolah dengan kegiatan keagamaan. Guru PAI harus bisa membaur bahkan mewarnai guru-guru yang lain serta harus lihai dan dinamis untuk bernegosiasi kepada pihak pemegang kebijakan sekolah, sehingga kegiatan keagamaan terutama yang bersifat praktis bisa menyatu dalam program sekolah. Sehingga pembiasaan keagamaan akan mudah terbentuk di lingkungan sekolah dan menjadi budaya sekolah. Bukan sebaliknya guru PAI terpinggirkan dan terpojok.

Pada prinsipnya, yang paling mendasar dan penting berhubungan dengan tujuan PAI yaitu terbentuknya manusia beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Yang dalam hal ini sebuah pengetahuan dan konsep tidak berhenti pada tataran knowing di otak, dan doing pada anggotan badan dengan melakukannya. Namun harus tertanam dalam hati, menyatu dalam kepribadian, atau being (menjadi) sehingga pada kapanpun, situasi bagaimanapun akan tetap bisa bertahan dan bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================