Industri di Kabupaten Bogor tidak hanya berorientasi bagi pemenuhan kebutuhan dalam negeri tetapi juga berorientasi ekspor. Tekstil dan pakaian jadi, alat musik, barang-barang dari kulit, barang-barang dari kayu, furniture, mainan, dan lain-lain menjadi komoditas unggulan ekspor dari Kabupaten Bogor kepada beberapa Negara seperti Korea, Jepang, Amerika Serikat, Thailand, Filipina, Malaysia, China dan negara lainnya. Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk menjadi kunci kestabilan permintaan dari luar negeri.

Pusat kegiatan industri skala menengah dan besar terdapat di Kabupaten Bogor bagian timur yaitu Kecamatan Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal, dan Citeureup. Hal tersebut dikarenakan daerah bagian timur lokasinya dekat dengan akses tol, sehingga proses pengangkutan atau pendistribusian hasil produksi menjadi lebih mudah.

BACA JUGA :  PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

Industri memiliki multiplier effect bagi lapangan usaha lainnya. Industri yang tumbuh menyebabkan kegiatan perdagangan, lalu lintas transportasi dan pergudangan, real estate, dan pemakaian listrik juga akan meningkat. Begitu besarnya peran industri dalam menggerakan lapangan usaha lainnya.

Untuk meningkatkan hasil produksi diperlukan tambahan modal dalam menjalankan dan memperluas usahanya. Keberadaan sektor perbankan menjadi solusi mengatasi keterbatasan dana dalam menjalankan bisnis.  Perbankan dapat memberikan suntikan dana kredit atau pinjaman baik untuk investasi maupun modal kerja.

Kredit Modal Kerja merupakan kredit jangka pendek atau menengah yang diberikan untuk pembiayaan atau pembelian bahan baku produksi. Sedangkan Kredit investasi merupakan kredit jangka menengah dan panjang untuk investasi barang modal seperti pembangunan pabrik dan pembelian mesin. Disinilah aktualisasi keberadaan perbankan sebagai lembaga intermediasi yang mengumpulkan dana masyarakat kemudian disalurkan dalam bentuk kredit. Kredit bisa dalam bentuk mata uang rupiah maupun valas.

BACA JUGA :  Panas Siang Hari Paling Nikmat Menyantap Rujak Buah Bumbu Kecap Dijamin Bikin Melek, Ini Dia Cara Membuatnya

Kredit pada lapangan usaha industri pengolahan memberikan kontribusi terbesar terhadap total kredit yang ada di Kabupaten Bogor yaitu sebesar 36,31 persen. Disusul oleh kredit pada lapangan usaha perdagangan besar, eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 26,74 persen.

Oleh karena itu, melihat kontribusi lapangan industri pengolahan yang besar bagi perekonomian Kabupaten Bogor sekaligus penggerak lapangan usaha lainnya, Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor perlu memelihara dan meningkatkan kestabilan lapangan usaha industri pengolahan dengan regulasi yang tepat. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================