Sementara itu Eka Lidya Astuti dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjelaskan, desa wisata adalah sebuah desa dengan keunikan dan keunggulan yang bisa dijual dan menjadi icon sebuah desa. Ada 25 desa wisata yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Bogor. Jumlah ini belum mencapai 10 persen dari jumlah keseluruhan desa di Kabupaten Bogor. Artinya masih banyak peluang untuk desa lainnya bisa menjadi desa wisata.

BACA JUGA :  Hidangan Segar dan Creamy dengan Selada Udang dan Nanas ala Restoran Chinese Food

“Yang kami tekankan di desa wisata bukan objek wisatanya tapi bagaimana mereka mendatangkan tamu dengan kreatifitasnya masing-masing. Kalau sebelumnya surat keputusan kelembagaan desa wisata ditetapkan oleh kepala desa, tahun ini kami mendorong surat keputusan  kelembagaannya ditetapkan oleh bupati,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Eka, saya selalu ingatkan di desa wisata semua warganya sangat berperan. Senyum adalah modal utama yang berguna sebagai daya tarik awal yang diterima oleh wisatawan. Jika warga tidak bisa terlibat langsung mengelola, minimal memberikan senyuman kepada wisatawan yg datang.

BACA JUGA :  Wajib Perhatikan Ini, 5 Penyebab Trombosit Turun yang Perlu Diketahui

“Desa wisata adalah bisnis yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Oleh karena itu masyarakatnya harus menjadi pemain, tidak hanya menjadi penonton,” tegasnya.(Putri)

 

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================