Nama lain dari makanan jiaozi adalah kuo tie. Jiaozi adalah sejenis pangsit yang berisi daging babi, sayuran, dan udang cincang lalu memiliki bentuk bulat jiaozi yang mirip dengan uang China kuno. Karena bentuknya yang mirip dengan uang China kuno, jiaozi menjadi simbol kelimpahan rezeki dan kebersamaan dalam keluarga.

  1. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng menjadi menu makanan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia. Kuliner ini dianggap dapat melambangkan kelancaran dari rejeki dan bisnis. Biasanya ikan bandeng akan disajikan dengan bentuk yang utuh, lengkap dengan buntut dan kepalanya.

  1. Yu Sheng

Yu Sheng (Yee Sang) merupakan sajian Imlek yang terdiri dari salad ikan segar. Biasanya dibuat dari ikan tuna atau salmon dan ditambahkan dengan irisan sayuran segar, seperti wortel dan lobak. Penyajian makanan khas Imlek ini biasa disantap dengan cara dianggap setinggo mungkin dari atas piring. Hal ini menandakan simbol keberuntungan yang semakin baik pada tahun baru.

  1. Siu Mie (Mi Panjang)
BACA JUGA :  Diduga Balas Dendam, Keponakan di Bangkalan Bacok Paman hingga Tewas

Siu Mie atau yang disebut dengan mi goreng ini wajib ada di setiap perayaan Imlek. Makanan ini menjadi simbol atau makna panjang umur, kebahagiaan, serta rejeki yang melimpah. Banyak yang percaya jika mi disantap secara utuh hingga bagian ujung mi, supaya keinginannya tercapai.

  1. Ayam atau Bebek

Makanan khas Imlek selanjutnya adalah ayam yang atau bebek yang disajikan secara utuh.  Hal ini menandai simbol keluarga yang utuh dan bahagia.

  1. Kue Mangkuk
BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gaungkan Program Ekonomi Hijau untuk Peringati Hari Otda ke-XXVIII

Jenis kue yang hadir di perayaan Imlek tidak hanya kue kering, tapi juga ada kue mangkuk. Biasanya kue ini diletakkan pada bagian puncak dari susunan kue keranjang. Bentuk kue mangkuk yang mekar ini melambangkan rejeki yang akan terus berkembang.

  1. Lapis Legit

Kue lapis legit ini adalah kue bentuknya yang berlapis-lapis. Kue ini menjadi simbol rejeki, yang mendatangkan rejeki dalam kehidupan secara berlapis-lapis. Rasanya yang manis dan legit dipercaya akan membuat hidup orang yang memakannya akan lebih manis. (Net)

 

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================