BOGOR TODAY – Kementerian Komunikasi dan Informatika sesuai Inpres Nomor 9/2015 mengggelar sosialisasi capaian pembangunan dalam 4 tahun pemerintahan Presiden Jokowi – Wapres Jusuf Kalla. Menariknya, sosialisasi kali ini dilakukan dengan menggunakan teknologi hologram. Kabupaten Bogor menjadi salah satu titik sosialisasi yang dikemas di Lapangan Kampung Palalangon, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong. Seperti apa keseruannya?

Darojeh awalnya hanya ikut ajakan tetangga. Tokoh masyarakat Desa Pasir Jaya ini mendapat informasi bahwa di lapangan Kampung Palalangon RT 03/03 Desa Pasir Jaya, akan dihelat ajang kumpul bersama untuk menyosialisasikan program pemerintah. Sebagai warga negara yang baik, ia bersama ratusan warga berduyun-duyun memadati tanah lapang seukuran lapangan sepakbola itu. Begitu sampai, ia terkaget-kaget melihat sosok Presiden Jokowi hadir di tengah-tengah masyarakat.

Selama kurang lebih satu jam, Darojeh bersama warga lainnya mendapat berbagai informasi dari Presiden Jokowi melalui video hologram terkait program yang tengah diperjuangkan pemerintah di Kabupaten Bogor. Salah satunya: tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi.

BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal, Truk di Imogiri-Panggang Terbalik saat Menanjak

“Wah, saya sangat bersyukur sekali dengan tol Bocimi. Bayangkan saja, sebelum ada tol itu, dari Cigombong ke Ciawi yang hanya belasan kilometer saja harus memakan waktu enam jam karena macet. Begitu tol Bocimi selesai, 12 menit juga sudah sampai. Apalagi Pak Jokowi juga menyinggung itu tadi di dalam video hologram. Jadi kami masyarakat sangat mengakui manfaatnya,” kata Darojeh dengan bersemangat.

Pria 47 tahun ini berharap, pembangunan tol Bocimi bisa terus dilanjutkan untuk menyatukan seluruh wilayah selatan Pulau Jawa, sehingga ekonomi masyarakat meningkat.

Ia juga menyinggung keunikan beberapa program pemerintah Jokowi yang menurutnya langsung menyentuh masyarakat. Di antara yang dirasakan adalah program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap atau PTSL. Dulu, warga pedesaan begitu sulit mendapatkan surat tanah miliknya. Saat program PTSL hadir di desanya, mereka bisa mendapatkan sertifikat tanah dengan biaya yang sangat murah.

BACA JUGA :  Nakes RSUD Leuwiliang Dibekali Hukum Kesehatan

Program-program lain yang disinggung Jokowi dalam pidato hologram itu seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Program Keluarga Harapan juga banyak langsung dirasakan manfaatnya.

“Tak ada potongan atau biaya apapun. Apa yang Pak Presiden sampaikan, riil terjadi pada kami. Saya sangat kagum dengan kemasan sosialisasi pembangunan dengan video hologram ini. Di tengah-tengah kesibukan jadwal beliau, kami merasa disapa. Seakan-akan Pak Jokowi hadir langusung di tengah-tengah masyarakat. Apalagi kami di wilayah pedalaman, Cigombong, sangat jauh dari pusat kota,” ungkapnya.

Warga lainnya, Yati Nuryati mengamini apa yang diungkapkan Darojeh. Ibu rumah tangga 48 tahun ini menjadi paham betul maksud dan tujuan program pembangunan fisik dan mental yang tengah dicanangkan pemerintah. Di dalam video hologram tersebut, ia menyaksikan gambar fisik pembangunan ragam infrastruktur di bumi zamrud khatulistiwa. Dari mulai yang sudah dilaksanakan, sedang dikerjakan, bahkan rencana pengembangan berikutnya.

============================================================
============================================================
============================================================