Penyakit diabetes merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Pengobatan dari penyakit satu ini bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Bhanu, SpPD, menjabarkan pencegahan dini diabetes, khususnya diabetes tipe 2. empat cara ini mudah dilakukan dan bisa diterapkan langsung di rumah.

1. Siapkan makanan dari rumah

Umumnya makanan yang dibeli di luar memakai minyak yang dipakai berulang-ulang dan bumbu-bumbu yang tidak sehat.

“Salah satu yang bisa saya sarankan (untuk menghindari makanan tidak sehat) siapkan makanan dari rumah,” kata dr. Bhanu.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 15 Mei 2024

2. Olahraga yang cukup

“Satu hal yang saya respect dari Jackie Chan adalah apapun yang dia makan dia akan imbangi dengan olahraga. Misalkan dia makan satu es krim, dia akan lari nambah 10 menit dari biasanya,” kata dr. Bhanu memberikan contoh pentingnya berolahraga untuk membakar kalori.

“Satu hal lagi. Olahraga adalah suatu kegiatan ritmik dan berulang. Jadi kalo kita beranggapan ‘Saya udah jalan jauh, itu udah keitung olahraga’ itu salah, karena itu bukan kegiatan ritmik. Kalo saya makannya juga ngaco, tetap aja bakal kena penyakit suatu hari,” katanya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 11 Mei 2024

3. Atur pola makan

Dr. Bhanu memaparkan salah satu faktor diabetes tipe 2 dapat timbul adalah karena obesitas atau kelebihan berat badan.

4. Ikuti keinginan hati

“Ingat yang kita suka juga, jangan memaksa melakukan hal-hal yang tidak disuka. Kalau dipaksa, kita tinggal tunggu kapan dia bakal jatuh ke dalam depresi, akhirnya berontak, engga mau ke dokter lagi, engga mau minum obat lagi, ya akhirnya makin memburuk. Jadi ikuti keinginan hati juga.” ujarnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================