Kedua, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan keluarga kita. Coba simak dengan penuh keimanan arti dari surat Al Baqarah ayat 2-5, yaitu: Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Jadi yang sukses dan berprestasi adalah seorang hamba yang bertaqwa  (beruntung) seperti yang disebutkan pada ayat di atas, yaitu: mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, yang dermawan dan mereka yang beriman kepada Al Quran dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat.

Dengan adanya ramadhan, keluarga kita bisa sahur bersama, buka bersama, shalat berjamaah, tadarus bersama, jika di bulan-bulan biasa ini jarang terjadi, karena kesibukan anggota keluarga masing-masing. Dengan suasana kebersamaan ini akan menimbulkan keharmonisan dalam keluarga kita dan insyaAllah akan tercipta keluarga yang sakinah. Terciptanya keluarga sakinah adalah prestasi yang luar biasa.

BACA JUGA :  Sah jadi WNI, Maarten Paes Target Main di Piala Dunia 2026

Jika akhir-akhir ini di media massa terdapat banyaknya kasus perkosaan, miras, narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan bahkan ada seorang bapak yang menghamili anaknya, hal ini pelakunya pastilah dari keluarga yang jauh dari keimanan.

Dan balasan bagi seorang hamba yang beriman adalah sebagai berikut :  Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.” Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya (QS Al Baqarah ayat 25).

Inilah kemenangan dan prestasi yang sebenarnya kita hidup di dunia ini, yaitu ujungnya kita masuk ke surganya Allah SWT, tidak ada artinya kita hidup di dunia yang fana ini,  jika kita kaya raya, tinggi jabatan, terkenal dan banyak dipuji orang tapi ujungnya masuk neraka.

Ketiga, meningkatkan kompetensi keluarga kita. Puasa adalah saat yang tepat untuk introspeksi diri atas kekurangan kita, sehingga dengan tahu kelemahan dan kekurangan diri kita, akan memacu kita untuk memperbaiki diri dan pada akhirnya kita bisa meningkatkan mutu kompetensi keluarga kita.

BACA JUGA :  Maraknya Kasus Pencurian Hewan Ternak Resahkan Warga Kecamatan Leuwisadeng

Misal jika seorang bapak menjadi pemimpin yang mudah marah dan sewenang-wenang terhadap anak buah, maka dengan puasa ini kita bisa lebih sabar dan adil dengan anak buah. Atau jika kita sebagai seorang pegawai yang suka mengeluh dan malas dalam bekerja, maka dengan puasa ini kita bisa lebih bersyukur dan rajin dalam bekerja. Kalau perlu agar lebih profesional para bapak-bapak ini bisa ikut workshop, in house training dan seminar di bidang kompetensinya masing-masing.

Sedang seorang ibu, bisa ikut kursus kecantikan dan kursus masak, agar suami betah di rumah, karena istrinya selalu berpenampilan cantik dan enak masakannya, selain juga menghemat anggaran rumah tangga, sebab memasak sendiri di rumah itu lebih hemat dari pada beli di luar.  . Apalagi jika seorang istri memasaknya dengan ikhlas, maka akan menimbulkan kasih sayang suami terhadap istrinya, serta hal ini berpahala besar. Sedang sebagai seorang anak bisa ikut bimbingan belajar agar nilai akademis bisa meningkat dan ikut pesantren kilat dengan serius, sehingga timbul ketenangan batinnya, karena masa remaja rawan dengan sifat galau.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga keluarga kita termasuk keluarga yang berprestasi, Aamiin. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================