Banyak yang bertanya, bagaimanakah cara alami menurunkan darah tinggi? Memang akan lebih baik jika kita melakukan pendekatan yang serba alami. Dalam hal ini ternyata ada cara mudah dan enak, ada banyak buah-buahan yang bisa menjadi penurun darah tinggi.

Sebuah prinsip, bahwa darah tinggi harus dilawan dengan menerapkan pola makan yang sehat, salah satu yang terpenting adalah mengurangi asupan garam natrium (sodium) yang sering kita jumpai pada makanan asin dan olahan. Berikut buah-buahan yang dapat menurunkan darah timggi.

  1. Melon

Melon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon (173 g) mengandung 484 mg kalium, ini setara dengan 14 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium asam float dan vitamin B6.

  1. Semangka
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 5 Mei 2024

Semangka adalah salah satu buah yang mudah sekali didapat karena memang banyak di Indonesia, banyak juga yang mengonsumsinya terutama ketika tahu manfaatnya. Tahukah Anda bahwa buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan L-citrulline. Zat ini akan membantu memebuat rileks pembuluh darah, sehingga buah semangka bisa menjadi penurun darah tinggi.

  1. Alpukat

Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain mengandung mineral yang dapat menurunkan darah tinggi buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

  1. Buah kiwi
BACA JUGA :  Menu Makan Malam Hangat dengan Sup Miso Tahu dan Sayuran Berkuah Gurih Bikin Nagih

Satu buah kiwi berukuran sedang menyediakan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Memang buah ini jarang tersedia di pasar tradisional, tapi dapat dengan mudah kita temui di supermarket. Selain itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan dengan ukuran yang sama lebih banyak kandungan vitamin C nya daripada jeruk.(net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================