Orang yang menyandang penyakit diabetes memiliki ketidakmampuan tubuh untuk mengolah energi tersebut sehingga dibutuhkan suntik insulin untuk menetralisasi kadar gula darah. Agar bekerja lebih cepat, suntiklah pada bagian perut dibandingkan di bagian lengan atas atau kaki.

Olahraga bisa membuat gula darah normal

Salah satu cara menurunkan gula darah yang efektif adalah dengan berolahraga. Anda bisa melakukan aktivitas jogging atau jenis olahraga lainnya selama setengah jam setiap harinya.

BACA JUGA :  Resep Membuat Rendang Jengkol yang Gurih Renyah dan Mantap

Ketika berolahraga, detak jantung meningkat dan otot pada tubuh menggunakan gula sebagai sumber energi. Hal ini tentu bisa menurunkan gula darah. Bukan itu saja, olahraga juga meningkatkan sensitivas tubuh terhadap insulin.

Segera atur pola makan

Setelah kembali normal, bukan berarti Anda berhenti menjaga asupan harian. Ahli nutrisi dr Samuel Oetoro mengungkapkan, diabetesi perlu mempertimbangkan makanan dengan Indeks Glikemik (IG) rendah, terutama pada pagi dan malam hari.

BACA JUGA :  Justin Hubner Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

IG merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat atau seberapa lambat makanan tersebut menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Makanan dengan IG rendah cenderung melepaskan gula dengan perlahan, sehingga tidak banyak meningkatkan kadar gula darah.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================