Lebaran identik dengan lontong sayur, opor ayam, dan rendang. Asupan santan dan karbohidrat secara berlebihan tentu bisa menyebabkan gula darah tinggi. Bagi diabetesi, jika dibiarkan tentu dapat berujung pada komplikasi.

Memang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, namun Anda bisa mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Kadar gula darah normal berada pada batas 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl).

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gaungkan Program Ekonomi Hijau untuk Peringati Hari Otda ke-XXVIII

Ada juga 4 cara paling ampuh agar gula darah tinggi Anda normal kembali!

Rutin monitor kadar gula darah

Ketika gula darah melonjak, segera diskusikan dengan dokter berapa target kadar glukosa darah yang harus dicapai. Umumnya, dokter akan menyarankan tes glukosa darah untuk mengukur jumlah gula darah sebelum dan sesudah makan.

Anda pun wajib memiliki meteran gula darah sehingga diabetesi bisa rutin mengawasi kadar gula darah sehari-hari, baik itu ketika di rumah atau bepergian.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 22 April 2024

Suntik insulin

Setelah memeriksakan diri Anda ke dokter, konsultasikan apakah jumlah gula darah Anda segera membutuhkan tindakan suntik insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas dan mampu mengolah gula menjadi energi.

============================================================
============================================================
============================================================