Sementara itu, dr Silvi Dwiyanti (46) mengatakan, dalam beberapa kasus  beberapa kejadian-kejadian yang menimpa para pelari marathon tiba-tiba Anfal misalnya terkena serangan jantung.

“Kita di sini ingin mengedukasi jangan sampai ada anggapan dari masyarakat bahwa berlari itu berbahaya olahraga itu berbahaya,” ujarnya.

Kata Silvi,  hal pertama yang harus di pahami adalah manfaat berolahraga itu lebih besar di bandingkan dengan resiko-resikonya, resiko ini sebenernya bisa diantisipasi dengan mengerti mekanisme tubuh kita, di dalam berolahraga atau berkatifitas fisik organ-organ seperti jantung, paru, organ seluruh tubuh yang bekerja lebih ekstra terutama seperti organ jantung pada kondisi-kondisi tertentu faktor resiko gangguan pada organ sangat tinggi.

BACA JUGA :  Bakwan Jagung Udang, Menu Makan Sederhana yang Praktis

“Dengan adanya healthy talk ini akan mengedukasi masyarakat awam bagaimana cara mengurangi resiko ini, yang pertama kita harus mengenali diri kita sendiri, kemampuan kita, batasan kita, dilakukan secara continue tetapi bertahap dalam arti kata dalam durasi waktu, jarak yang akan di tempuh,” terangnya.

Menurut Silvi, istirahat yang cukup, makanan dan nutrisi harus diperhatikan dalam mengikuti lomba marathon juga kosultasi dengan ahli gizi dan dokter adalah hal yang harus di perhatikan dalam acara dr silvi menerangkan
sarapan adalah hal yang wajib seperti buah pisang dan roti, minuman elektrolit membatu dalam menahan keringat yang keluar jadi dehidrasi akan berkurang juga mengenal diri sendiri jangan melampaui batas kemampuan latihan jelasnya.

BACA JUGA :  Usai Diguyur Hujan Deras, Jalan Raya Rangkasbitung-Bogor Ambles, Kondisinya Mengkhawatirkan

Dedy (42) menanyakan apakah boleh sebelum race melakukan donor darah? dr Silvi mengatakan tergantung modal awalnya, apabila hemoglobin atau sel darah merah knormalnya sudah kurang atau mendekati kurang darah lebih baik tidak di lakukan kecuali memang sudah rutin dilakukan dan modal awalnya sudah cukup bagus kalau begitu tidak masalah. (Iman R Hakim)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================