Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan, lomba kaulinan seperti ini sangat diperlukan di tengah-tengah kondisi perkembangan teknologi yang semakin masif. Pasalnya, selain untuk melestarikan kaulinan urang lembur tapi juga dalam kaulinan ini banyak nilai-nilai yang bisa membentuk karakter para generasi muda.

“Semua permainan mulai dari Egrang jajangkungan, Balok lompat, Rorodaaan, Tarumpah bakiak panjang, Babancakan, Sorodot gaplok, Gegerelengan, Gangsing, Gatrik, Bedil jepret dan Sumpit semua itu permainan menyenangkan dan menambah persahabatan bagi peserta dibandingkan game di gawai,” imbuhnya.

BACA JUGA :  TIPS JITU BERHENTI MEROKOK

Menurutnya, kaulinan tradisional seperti ini benar-benar membuat anak-anak bisa saling membantu, membuat strategi, saling menghargai, mematuhi peraturan lomba dan tentunya menyenangkan. Sehingga dirinya memberikan perintah untuk melestarikan kaulinan tradisional tidak hanya melalui lomba bagi siswa tapi juga hingga ke Aparatur Sipil Negara (ASN).

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Spageti Udang yang Praktis dan Mengenyangkan

“Saya ingin nanti aparatur misalnya, lurah seperti itu bisa paham tentang kegiatan ini dan bila perlu mereka menyelenggarakan lomba seperti anak-anak sekarang untuk warganya,” katanya. (Lintang/*)

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================