Sebagian spectator akan melakukan atraksi kebudayaan lokal untuk dinikmati pelari.
Gelaran lari ini diikuti oleh 3.000 pelari yang terbagi atas kategori 21K atau Half Marathon (HM), 10K, dan 5K. Start dilakukan tepat waktu, mulai pukul 05:15 untuk kategori 21K, dan berselang 15 menit kemudian untuk setiap kategori berikutnya. Cut Off Time (COT) atau batas waktu berlari adalah 4 jam untuk HM; 10K mendapat COT 2,5 jam dan untuk 5K disediakan waktu 1,5 jam.

Untuk memandu pelari di rute, disiapkan Tim Pacu Cepat atau Pacer yang berlari pada seluruh kategori. Total Tim Pacu Cepat adalah 12 orang dan dilatih secara khusus oleh Coach Hendri Pardede. Mereka adalah para pelari dari berbagai komunitas yang berkomitmen untuk berlari sesuai waktu masing-masing yang telah ditentukan pelatihnya, demi menjadi pemandu para pelari menuju finish. Selain itu, disiapkan pula 16 orang tim pelari penutup atau tim #sahabatidea yang akan berlari paling akhir untuk memastikan tidak ada pelari yang tertinggal berlari sendiri di rute menjelang COT habis.

Lomba lari yang menjanjikan hadiah lebih dari Rp 150.000.000,- ini membagi juara dan pemenang untuk seluruh kategori, perempuan dan laki-laki serta klasifikasi master dan non master, yang bersifat open, dengan urutan juara dan pemenang dari satu hingga lima. Tersedia pula berbagai hadiah tambahan menarik baik untuk para juara maupun door prize bagi peserta.
Para juara tercatat, di kategori HM Open Male, Edwin Yebei dengan nomor dada 3713 mencetak waktu 01:11:14 yang membuatnya menjadi juara pertama tahun ini. Sedangkan untuk kategori HM Open Female dimenangkan oleh Purity Jelimo dengan nomor dada 3714 dengan catatan waktu 01:23:23.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Di kategori 10K Open Male, dimenangkan oleh Hamka dengan nomor dada 1431 dengan catatan waktu 00:35:40. Sedangkan untuk kategori 10K Open Female dimenangkan oleh Ninik Sugiwati dengan nomor dada 1196 dengan catatan waktu 00:49:18.

Pada kategori 5K Open Male tercatat Anton Rimardo dengan nomor dada 6057 dengan catatan waktu 00:17:35 sebagai juara pertama tahun ini. Sedangkan untuk kategori 5K Open Female dimenangkan oleh Rosima Simbolon dengna nomor dada 5392 dengan perolehan waktu 00:20:43.
Lomba lari ini diikuti oleh pelari dari berbagai kota dengan dominasi peserta adalah dari Jakarta, diikuti pelari dari wilayah Tangerang, Bogor, Bekasi dan juga berbagai kota di Indonesia. Pelari asing tercatat antara lain dan Kenya, Jepang, Singapura dan lain lain.

“Kehadiran pelari berbagai kota dan mancanegara ini mendorong kami untuk semangat menghelat race dengan standar baik dan bermutu sehingga diminati kalangan pelari dari berbagai penjuru kota dan negara pada pelaksanaan berikutnya,” ujar Aida.

BACA JUGA :  Review Film : Menjelang Ajal, Pesugihan Berujung Petaka

Inisiatif lomba ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Bupati Bogor Ade Yasin. Tak luput pula Walikota Bogor Bima Arya, berpartisipasi sebagai pelari dan bahkan turut mengibarkan bendera start melepas peserta HM. Acara ini tentunya sejalan dengan visi dan misi pemerintah kabupaten dan kota Bogor, yaitu menjadikan Bogor sebagai destinasi sport and tourism.

Peran yang tidak mungkin diabaikan adalah para sponsor yang dengan kapasitasnya telah memungkinkan kegiatan ini dapat berlangsung. Salah satu sponsor yang antusias adalah Bank BCA.

“Kami tertarik mendukung event ini karena melihat betapa kegembiraan dan sukacita itu dapat lahir dari jiwa dan raga yang sehat yang akan mendorong sportivitas serta kebersamaan,” ujar Jahja Setiatmadja, Presiden Direktur Bank Central Asia.

Di sisi lain, gelaran ini juga diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi target yang lebih luas, di antaranya menjadikannya sebagai bagian dari destinasi sport tourism atau wisata olah raga di kota ini khususnya, dan Jawa Barat pada umumnya. Dengan demikian, lomba ini ditargetkan menjadi kegiatan yang berlanjut hingga tahun-tahun mendatang dan menjadi destinasi bergengsi bagi penggemar lari, untuk dapat berlari sekaligus berwisata di Kabupaten Bogor. (Iman R Hakim)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================