SUKARAJA TODAY – Batalyon Kesehatan (Yonkes) Divisi Infanteri I/Kostrad, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, mengadakan kegiatan bakti sosial penyuluhan pemeriksaan gigi, pembersihan karang dan pencabutan gigi di SDN Kaumpandak 02, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Selasa (22/10/2019).

Ada 520 siswa SD yang dilakukan pemeriksaan. Kegiatan bakti sosial ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon Kesehatan ke-37.

Menurut Dokter Spesialis Gigi Yonkes I/Kostrad, Lettu Ckm Andrew Naro Mario S, kegiatan bakti sosial pemeriksaan gigi ini dilakukan supaya anak-anak terbiasa dengan adanya dookter gigi serta dapat memahami kegunaan gigi dan perawatan yang baik untuk gigi.

BACA JUGA :  Pemuda di Brebes Tewas Tenggelam di Sungai Nipon, Diduga Tak Bisa Berenang

“Kami memilih anak-anak SD agar mereka memahami perawatan dan apasaja yang dapat merusak gigi,” ujar Andrew kepada wartawan.

Ia menjelaskan, kerusakan gigi pada usia 6 sampai 7 tahun biasanya dikarenakan adanya pergantian dari gigi susu menuju gigi permanen.

“Kami melilih kelas 1, 2 dan 6 SD karena biasanya pada usia itu masa peralihan gigi terjadi,” jelasnya.

Andrew pun mengimbau kepada para siswa untuk rutin menyikat gigi setiap hari.

“Baik nya menyikat gigi adalah sehabis tidur, habis makan dan sebelum tdr makan agar gigi selalu bersih dari sisa-sisa makanan,” kata Andrew.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor Hari Ini, Selasa 7 Mei 2024

Sementara itu, Kepala sekolah SDN Kaumpandak 02, Kartini mengaku menyambut baik kegiatan sosialisasi kesehatan gigi yang diberikan oleh Batalyon Kesehatan 1 Kostrad ini.

Menurutnya, dengan adanya penyuluhan gigi ini untuk anak- anak ada perhatian nya dari Batalion Kesehatan untuk SDN Kaumpandak 02.

“Alhamdulilah adanya kesehatan gigi ini membatu anak anak memahami dan mengetahui kesehatan gigi,” kata Kartini. (Asep B)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================