MANADO TODAY – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (7/11/2019) sekitar pukul 12:35:35 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter 4.8 skala richter (SR) terjadi pada koordinat episenter pada 2.01 LU dan 126.45 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 146 km arah Tenggara Ondong Kepulaun Sitaro-Sulut pada kedalaman hiposenter 10 km.

BACA JUGA :  Simak 5 Menu Sarapan Terbaik Ini untuk Berikan Energi dan Tingkatkan Suasana Hati

Seperti yang di kutip dari sindonews.com, Kepala Stasiun Geofisika Manado Abraham F Mustamu menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa bumi jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng laut Mauluku. Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Kota Manado dengan kekuatan intensitas II MMI, di Manado, Tagulandang dan Bitung.”Gempa bumi susulan hingga pukul 13:05 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” ujar Abraham F Mustamu.
Karena itu, kepada masyarakat di sekitar wilayah Kota Manado diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Selvi/PKL/net)

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jatim, Moge Tabrak Minibus di Jalur Pantura Probolinggo
Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================