KAIRO TODAY – Hampir 2.000 tahun yang lalu, ketika Romawi masih memerintah Mesir, seorang wanita bernama Demetria dibaringkan di sebuah Katakomba yang dihias dengan sangat indah di Saqqara, Mesir.

Pada ukiran yang ditemukan di sebuah makam bawah tanah ini, tergambarkan bahwa Demetria saat itu sedang mengenakan gaun yang unik sambil membawa anggur. Gambar itu juga memperlihatkan ada dua hewan yang memegangi gaun yang dipakainya.

Katakomba ini ditemukan oleh tim peneliti dari Mesir dan Jepang, yang dipimpin oleh Nozomo Kawai, Profesor Arkeologi dari Kanazawa University, Jepang. Tempat ini merupakan tanah pemakaman yang luas. Di dalamnya disemayamkan para bangsawan dan pejabat lainnya yang berasal dari ibu kota pertama Mesir, Memphis.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Temuan ini ditampilkan oleh Kementerian Purbakala Mesir, pada 5 November lalu. Dalam ukiran di prasasti Yunani, digambarkan bahwa Demetria adalah putri dari Menelaos, cucu perempuan Amonia.

“Ammonia sepertinya nenek dari keluarga ayah Demetria. Sebab, kakek dari pihak ayahnya tidak disebutkan namanya. Demetria mungkin dianggap anak yang tidak sah,” kata Roger Bagnall, Profesor Sejarah dari New York University, dikutip dari Live Science, Minggu (17/11/2019).

BACA JUGA :  DPRD Kabupaten Bogor Minta Pengembang Metland segera Serahkan PSU Ke Pemda

Selain itu, ukiran di Katakombe juga menceritakan mengenai dewa-dewa Mesir seperti Seth, Thoth, dan Anubis yang tergambar dengan sayap di atasnya. Di bawah gambar ketiga dewa itu tertulis mengenai Menelaos, putra dari Filammon. Ia seorang budak yang dihormati.

============================================================
============================================================
============================================================