TAIPEI TODAY – Kapal induk China, Type 002, dan kelompok tempurnya melintas di dekat wilayah Taiwan pada hari Minggu. Kedatangan militer kapal raksasa memicu Taipe mengerahkan kapal perang dan sejumlah pesawat jet tempur untuk memantau situasi.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan armada kapal induk China menuju selatan melewati Selat Taiwan, namun masih berada di sisi jalur perairan China yang memisahkan pulau itu dari China. Kementerian itu membenarkan bahwa militer telah mengerahkan kapal perang dan beberapa jet tempur.

Menurut kementerian tersebut, kapal perang Amerika Serikat (AS) dan Jepang juga menguntit armada kapal induk China.

China kerap mengirim kapal induk ke Selat Taiwan sejak Presiden Taiwan Tsai lng-wen mulai menjabat pada 2016. Beijing membenci Tsai karena menolak menyatakan Taiwan dan China sebagai bagian dari negara yang sama dan membenci hubungannya yang membaik dengan Washington.

“Kami meminta warga kami tidak khawatir,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan melalui akun media sosial, yang dikutip Navy Times, Senin (18/11/2019).

Sebelum ini, kapal induk China melewati Selat Taiwan pada bulan Juni 2019.

“Ini memiliki implikasi yang kuat, terutama untuk Jepang dan Taiwan, bahwa China akan melakukan patroli rutin di wilayah ini,” kata Andrew Yang, sekretaris jenderal Chinese Council of Advanced Policy Studies di Taiwan.

“Taiwan perlu memperkuat kemampuan pertahanannya yang asimetris untuk mencegah peningkatan militer China yang sedang berlangsung,” kata Yang.
BACA JUGA :  Resep Membuat Soto Ayam Bening Khas Solo yang Sedap dan Nikmat, Bikin Ketagihan
============================================================
============================================================
============================================================