JAKARTA TODAY – Buat kamu yang suka beli kacamata murah pas liburan, hati-hati ya! Ternyata risikonya cukup besar, seperti kena kanker mata hingga mengalami kebutaan.

Hati-hati buat kamu yang hobi beli kacamata murah KW saat liburan. Studi terbaru menyebutkan, kacamata tiruan merek terkenal itu sama sekali tidak punya proteksi terhadap sinar UV.

Akibatnya bisa cukup fatal buat indera penglihatan kita. Resiko kanker mata dan kebutaan bisa menghantui kapan saja.

BACA JUGA :  Tukang Kasur Keliling di Sampang Cabuli Bocah 6 Tahun hingga Trauma

Seperti yang dikutip dari detikTravel, Senin (18/11/2019), 35 persen dari kacamata murah yang dijual di tempat wisata tidak punya proteksi sama sekali terhadap sinar UV. Mengenakan kacamata murah ini, traveler sama dengan membahayakan diri sendiri.

Beberapa merk kacamata terkenal memang mudah ditemui tiruannya. Misalnya saja kacamata merk Ray-ban, tiruannya ada banyak sekali, termasuk Ray-Bon.

Dari harga saja, sudah berbeda sangat jauh, apalagi dari kualitas. Meski sudah tau sangat berbeda, tetapi masih saja ada turis yang membelinya karena harganya murah.

BACA JUGA :  Perumda PPJ Akan Renovasi Pasar Merdeka, Bakal Ada Rooftop Kuliner

Hasil survei menyebut, 18 persen turis membeli kacamata tanpa memperhatikan apakah bisa melindungi dari sinar UV. Sementara 11% turis tetap membeli kacamata meski sudah tahu kalau kacamata tersebut tidak mempunyai perlindungan terhadap sinar UV.

Padahal paparan sinar UV yang tinggi bisa menyebabkan photokeratitis dan juga photoconjunctivitis, suatu keadaan sunburn tapi di bagian bola mata. Traveler mesti hati-hati ya! (Amanda/PKL/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================