Echinacea merupakan tanaman berbunga dan banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Umumnya, orang mengonsumsi echinacea dalam bentuk teh. Namun kini banyak beredar ekstrak echinacea yang praktis dikonsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul.

Echinacea terbukti bisa mengurangi gejala selesma. Melansir dari Medical News Today, peneliti dari University of Connecticut School of Pharmacy menemukan echinacea bisa mempercepat penyembuhan hingga 1,4 hari. Bahkan echinacea bisa menurunkan risiko terkena selesma hingga 58 persen. “Perlu diingat, echinacea bukan mengobati, tapi mempercepat perbaikan tubuh. Echinacea tidak bisa membunuh virus penyebab selesma,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Warga di Kota Madiun Diserang Sekelompok OTK, 7 Orang Luka

Phyllantus niruri alias meniran juga menjadi tanaman herbal yang direkomendasikan Iris dalam memerangi selesma. Meniran berfungsi sebagai penguat imun tubuh (immunostimulator) sekaligus membuat sistem imun lebih aktif (immunomodulator). Saat sistem imun tubuh kuat, maka pertahanan tubuh terhadap serangan virus, bakteri atau mikroba akan meningkat.

BACA JUGA :  Ruang Baca dan Auditorium di Perpustakaan Kota Bogor Gunakan Nama Tokoh

“Selesma itu flu ringan. Tubuh akan cepat pulih dengan minum cukup, cukup istirahat, antibiotik jika diperlukan dan sesuai saran dokter, makan juga diperhatikan harus yang sehat,” katanya. Seperti dikutip oleh CNN Indonesia (Anata/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================