Namun, penggunaan tas ransel yang kurang tepat juga bisa mempengaruhi postur Anda. Sebaiknya hindari menggunakan tas ransel hanya pada satu bahu serta kencangkan tali agar posisi tas tidak terlalu rendah.

4. Posisi bantal

Pastikan bantal yang digunakan memiliki ukuran yang tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis, karena ini dapat mempengaruhi posisi leher ketika tidur. Gunakan bantal dengan ukuran yang sesuai, letakkan bantal di bawah kepala dan bukan di bawah bahu.

5. Posisi duduk

Duduklah dengan posisi punggung dan kepala tegak, serta hindari membungkuk. Perhatikan posisi telinga dan bahu agar sejajar. Selain itu, hindari kebiasaan menyilangkan kaki karena dapat memberi dampak buruk bagi postur tubuh Anda.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 3 Mei 2024

6. Berjongkok untuk angkat berat

Kebiasaan mengangkat barang berat dengan posisi berdiri sambil membungkukkan badan sangat berbahaya untuk punggung, bahkan Anda bisa cedera karena hal ini. Ketika ingin mengangkat barang berat, sebaiknya Anda berjongkok terlebih dahulu, angkat barang, lalu berdiri perlahan.

7. Posisi tidur

Untuk menjaga postur tubuh, hindari tidur dengan posisi tengkurap karena hal ini bisa membuat tulang belakang tegang dan leher tidak nyaman. Tidur dengan posisi terlentang atau miring bisa menjadi pilihan yang baik, namun pastikan tulang belakang dalam posisi yang lurus.

8. Menggendong bayi dengan benar

Ketika menggendong bayi, biasanya kita akan berdiri dengan menopang bayi di perut atau pinggang sehingga perut menyondong ke depan. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada bentuk tulang di punggung dan di pinggang, sebaiknya topang bayi dengan kedua tangan dan jangan biarkan beban bertumpu pada perut.

  1. Posisi di depan layar

    Duduklah dengan posisi tegak lurus dan tempatkan layar komputer sejajar dengan kepala. Jaga posisi bahu agar tetap sejajar dengan telinga, dan hindari membungkuk atau terlalu bersandar.

    Setelah duduk lama, jangan lupa meluangkan waktu untuk peregangan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari sendi dan otot yang tegang. Seperti dikutip CNN Indonesia (Anata/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================