6. Mendengkur tak wajar

Kelelahan atau sumbatan pada saluran napas bisa menyebabkan seseorang mendengkur dan itu wajar. Namun, bila suara dengkuran terdengar tidak wajar, maka itu bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

Suara dengkuran yang tidak wajar berbunyi keras dan seperti megap-megap lalu tersedak. Saat itu, paru-paru akan berhenti bernapas dan memberi tekanan ekstra pada jantung.

Jika pasangan mengalami dengkuran semacam ini, baiknya tak menunda memeriksa ke dokter. terapi tidur mungkin diperlukan untuk mengetahui apakah ada risiko penyakit jantung.

7. Keringat dingin

Bila tubuh sering mengeluarkan keringat dingin dalam jumlah banyak tanpa alasan jelas, hindari untuk melakukan aktivitas tertentu, seperti menyetir atau naik dan turun tangga.

BACA JUGA :  Todong Sajam, 2 Pengamen di Bandarlampung Coba Rampas Motor Warga

Keringat dingin yang tidak disertai demam dan terjadi mendadak bisa menjadi tanda awal penyakit jantung yang perlu diwaspadai.

8. Batuk tak sembuh

Batuk bukanlah tanda umum dari masalah jantung. Namun, bila Anda termasuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung, maka batuk yang tak kunjung reda bisa menjadi tanda awal terjadinya serangan jantung.

Bila batuk dalam kasus ini juga disertai dengan lendir putih atau merah muda, maka itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi ritme tubuh, menyebabkan darah bocor dan kembali ke paru-paru.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

9. Detak jantung tidak teratur

Jantung yang berdebar ketika gugup adalah hal wajar. Namun bila Anda merasa jantung sering berdetak lebih cepat dalam beberapa detik dan kemudian kembali normal, kondisi ini perlu mendapat perhatian.

“Dalam kebanyakan kasus, itu disebabkan oleh sesuatu seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidur,” kata Bufalino. “Tetapi, bila itu terjadi tanpa sebab, itu bisa menandakan kondisi yang disebut atrial fibrilasi yang membutuhkan perawatan. Jadi mintalah dokter Anda untuk memeriksanya.” Seperti yang dikutip CNN.Indonesia. (Viana/Pkl/Net)

 

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================