BOGOR TODAY – Hari kedua, Minggu 8 Desember 2019, pelaksaan workshop ‘In House Training’ yakni penulisan naskah drama radio kekinian. Hal itu, merupakan teori tambahan dari hari sebelumnya. Struktur penulisan naskah drama radio dibagi menjadi tiga yaitu, pemaparan, kedua proses dan yang ketiga krisis yakni ketegangan tertinggi dalam alur cerita.

“Keempat klimaks, yakni puncak kejadian yang digiring oleh proses konflik-konflik yang terjadi dan yang ke lima penyelesaian, yakni penyelesaian dari konflik atau masalah yang terjadi di dalam cerita tersebut,” ujar arifin

BACA JUGA :  Tak Terima Pacar Diganggu, Pemuda di Lampung Tengah Tusuk Remaja hingga Tewas

Yang perlu diingat, lanjut dia, dalam penulisan naskah drama, yakni pendengar sangat tergantung pada apa yang mereka dengar dan imajinasi pendengar diciptakan melalui kata dan suara.

“Yang harus diperhatikan dalam menulis naskah drama radio yaitu cerita atau plot. Kedua menentukan mana saja yang dijadikan sebagai tema utama dan yang ketiga menentukan tema cerita, segera tentukan plot atau alur cerita,” paparnya.

BACA JUGA :  Bima Arya Cerita Kisah Perjalanan 10 Tahun Menata Kota Bogor

Dia menambahkan, penulisan dalam dialog drama radio yaitu yang pertama menyesuaikan kalimat atau bahasa dengan latar belakang dan karakter lakonan yang kedua menggunakan kalimat atau kata yang wajar dan mudah disela atau dipingpong

“Ketiga gunakan kata-kata yang mampu mendorong karakter si pelakon dan lawan untuk bermain dengan kaliamat tersebut dan yang keempat jika terpaksa menggunakan kalimat panjang, hendaknya ada penyelaan diantara kalimat tersebut,” pungkasnya. (Anata/PKL)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================