Saat itu orang Inggris menggunakan bahan-bahan seperti jamur, walnut, dan tiram. Mereka bahkan tidak menggunakan campuran tomat untuk bahan-bahannya. Sampai pada tahun 1812, seorang peneliti bernama James Mease menambahkan tomat pertama kali untuk bahan dasar membuat saus tomat yang mereka kenal dengan sebutan ‘Ketcup’.

Hal itu juga dikatakan oleh seorang profesor sejarah makanan bernama Andrew Smith melalui bukunya yang berjuaul ‘Pure Ketchup: A History of America’s National Condiment’. Menurutnya setelah Inggris menemukan saus tomat tersebut, kemudian saus itu dibawa ke Inggris dan diperkenal hingga ke Amerika.

BACA JUGA :  5 Tips Agar HP Android Tidak Lemot, Wajib Simak Ini

Dalam buku tersebut juga menjelaskan tentang asal-usul kata ‘ketchup’ sebagai sebutan saus tomat di Amerika. Kata ‘Ketchup’ berasal dari kata ‘Ke-tsiap’ yang merupakan bahasa dialek Amoy China yang artinya ‘air asin dari acar ikan’.

BACA JUGA :  Jaga Kadar Gula Darah dengan 5 Kebiasaan Pagi yang Penting Ini

Hingga sampai saat itu saus tomat masih menjadi bumbu pelengkap populer di Amerika. Di Amerika ada dua merek saus tomat yang terkenal, yaitu Heinz dan Hunt’s. Kedua merek tersebut menjadi andalan orang Amerika ketika mencari produk saus tomat.(Dena/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================