CIBINONG TODAY – Intensitas hujan tinggi yang menerjang Kabupaten Bogor sejak Selasa (3/12) mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami bencana. Mulai dari amblasnya jalan hingga banjir juga longsor.

Dari informasi yang dihimpun pada Selasa sore, akses Jalan Babakanmadang-Sukamakmur, tepatnya di Kampung Cilaya RT 02/RW 08, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, sepanjang kurang lebih 40 meter amblas. Sehingga, untuk sementara jalur tersebut ditutup dan tidak bisa dilalui masyarakat pengendara.

“Ditutup total sementara karena amblas untuk roda dua dan roda empat,” ujar Kepala Seksi (Kasie) Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam.

Jalan yang amblas ini merupakan jalan utama. Ada jalan alternatif, namun harus memutar dan hanya bisa dilintasi sepeda motor dan kendaraan kecil.

Kata Adam, akibat jalan amblas itu, penghuni sebuah rumah diungsikan ke rumah tetangganya dan dua rumah terancam.

“Memang wilayah kampung itu tidak layak huni dan sudah dilakukan assesment oleh Badan Geologi tahun 2017,” kata Adam.

BACA JUGA :  Tuban Jatim Diguncang Gempa M6,0, Terasa hingga Semarang

Sementara, dari satuan Komando Distrik Militer atau Kodim 0621/ Kabupaten Bogor, melaporkan beberapa peristiwa yang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor pada Rabu 1 Januari 2020.

Informasi pertama adalah banjirnya Sungai Cidurian di wilayah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Akibat banjir itu, sungai meluap dan beberapa desa di wilayah barat tersebut mengalami dampaknya. Diantaranya Desa Kalong Sawah, Desa Sipak, Desa Pemegersari, Desa Jasinga, Desa Koleang, Desa Bagiang, Desa Tegal Wangi dan Desa Pangaur.

Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Infanteri Harry Eko Sutrisno mengatakan, saat ini Koramil, unsur Muspika, Siaga BPBD, Tagana juga bersama warga tengah membantu evakuasi.

“Informasi sementara ada 1 orang warga Desa Kalong Sawah atas nama Hilman usia sekitar 15 tahun hanyut. Sampai saat ini belum ditemukan,” ungkap Harry dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Terima Kunker Komisi X DPR RI Bahas Isu Perundungan dan Kekerasan

Sementara di wilayah Timur Kabupaten Bogor, Kodim/0621 Kabupaten Bogor melaporkan bencana banjir di area Bantaran Kali Cigede RT02/RW01 dan Kampung Sawah RT03/RW03 Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Air melintas kurang lebih satu jam. Akibat banjir tersebut, 10 unit rumah di wilayah RT02/RW01 Desa Leuwinutug terendam air setinggi 70 centimeter. Lalu 15 rumah di wilayah RT03/RW03 terendam air setinggi 60 centimeter,” jelas Harry.

Lalu di wilayah Kecamatan Babakan Madang. Kodim/0621 Kabupaten Bogor melaporkan telah terjadi bencana longsor di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang.

Akibat longsor itu, jalan menuju Masjid Azzikra tertutup. Kata Harry, peristiwa yang terjadi sekira pukul 10.00 WIB itu langsung ditanggapi Babinsa. Bahkan bersama warga setempat melaksanakan pembersihan dan kurve dengan alat yang tersedia.

“Kami imbau warga yang rumahnya dekat dengan sungai, untuk segera mengungsi,” tegas Harry. (Firdaus)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================