Aduk tomat dan cuka apel. Oleskan campuran pada daerah yang terkena dan biarkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas hingga bersih.

5. Garam laut dan susu kambing
Garam laut dapat membantu kulit melakukan proses eksfoliasi. Sementara susu kambing memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari jerawat.

Bahan:
1 sendok makan garam laut
1/2 gelas susu kambing

Tambahkan garam laut ke dalam 1/2 gelas susu kambing dan aduk hingga merata. Oleskan campuran pada daerah yang terkena dengan menggunakan bola kapas. Biarkan mengering dan bilas hingga bersih. Sebagai penutup, oleskan losion pada bagian yang terkena.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah di Buleleng Perkosa Putri Kandung Berusia 7 Tahun

6. Yogurt dan kunyit
Sifat antiseptik yang dimiliki kunyit dicampur dengan sifat asam dari yogurt menjadikan campuran keduanya sebagai obat tepat untuk mengatasi jerawat.

Bahan:
1/2 sendok makan yogurt
1 sendok teh kunyit

Campur yogurt dan kunyit dalam satu mangkuk. Oleskan pada daerah yang terkena dan biarkan mengering. Setelahnya, bilas menggunakan air hangat.

7. Rumput laut dan nanas
Nanas mengandung asam glikolat yang dapat mengurangi rasa sakit pada jerawat. Sementara mineral dan vitamin penting yang ada pada rumput laut dapat membantu mengunci kelembapan kulit.

Bahan:
1 sendok teh ekstrak rumput laut
1/2 sendok teh jus nanas

BACA JUGA :  Menu Kreasi dengan Lumpia Kembang Tahu yang Gurih dan Lezat

Campur ekstrak rumput laut dan jus nanas hingga merata. Oleskan campuran pada daerah yang terkena. Biarkan selama 20 menit, bilas, dan keringkan.

Selain mencoba tujuh racikan di atas, Anda juga perlu menghidrasi tubuh dengan baik. Jaga pula kebersihan tubuh dan lakukan eksfoliasi setidaknya satu kali dalam seminggu.

Jika Anda rentan terhadap jerawat, hindari pakaian berbahan nilon atau sintetis. Kenakan pakaian berbahan katun dengan ukuran longgar yang membuat Anda lebih leluasa. Seperti yang dikutip oleh CNN Indonesia (Anata/pkl/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================