Sobir menuturkan, ada sejumlah hal yang memicu pohon kurma yang dapat tumbuh dan berbuah terutama di Jawa Timur. Salah satu kemungkinan ada perubahan gen. Sobir menilai, pohon kurma memiliki potensi untuk agrowisata di Indonesia, salah satunya bisa dilakukan di Jawa bagian timur dan selatan. Kalau untuk produksi, Sobir menuturkan, wilayah NTT bagian selatan dapat mendukung pohon kurma untuk tumbuh dan berbuah karena mendapatkan suhu dingin dari Australia. “Secara bisnis kalau produksi dan kualitas seperti di Arab belum karena kondisi iklim berbeda,” kata Sobir.

Kisah Melempar Biji Tumbuh Pohon Kurma Nabi

Sebelumnya, siapa sangka oleh-oleh biji buah kurma yang dilempar di teras rumah dapat tumbuh di Ponorogo, Jawa Timur. Pohon kurma jenis Ajwa atau kurma nabi berukuran besar dan tumbuh subur itu berada di rumah Budijono, di Desa Plosojenar, Kecamatan Kauman, Ponorogo.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Budijono mengaku, pohon kurma miliknya sudah berbuah tiga kali. Dia tidak percaya jika biji buah kurma yang dia lempar di teras rumah kala itu, bisa tumbuh. Apalagi kurma yang tumbuh ini, adalah jenis pohon kurma nabi atau ajwa.

“Ini usianya 15 tahun lebih. Ini oleh-oleh dari haji terus saya tanam,” ujar pemilik Pohon Kurma, Budi Jono, seperti dikutip dari tayangan Fokus, ditulis Senin, 20 Januari 2020.

Tumbuhnya pohon kurma di rumah Budi Jono menarik perhatian warga terutama ibu-ibu. Para ibu-ibu membeli kurma tersebut untuk kesuburan kandungan. Salah satunya Susiani yang membeli kurma untuk temannya. Adapun Budi Jono membatasi jumlah pembelian. Satu orang maksimal 3 ons dengan harga Rp 15 ribu.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 1 Mei 2024

“Untuk teman, menambah kesuburan kandungan,” ujar salah satu warga Susiani.

Selain untuk membeli, warga datang hanya untuk sekadar berswafoto berlatar pohon kurma yang tumbuh sejak 15 tahun lalu. Lantaran banyak warga yang datang, sejumlah polisi pun disiagakan di lokasi. Sementara, Budijono menjual buah kurma muda.

Lantaran banyak warga yang datang, sejumlah polisi pun disiagakan di lokasi. Sementara Budi Jono menjual buah kurma muda kepada yang benar-benar membutuhkan. seperti yang dikutip Liputan6.com (Viana/pkl/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================