SIDOARJO TODAY – Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) dari Hongkong dilarikan ke RSUD Sidoarjo, Senin (27/1/2020). Ia diduga suspect virus corona usai mengalami demam tinggi, gangguan pernapasan, infeksi tenggorokan, dan batuk.

Kepala RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan, mengatakan pasien tersebut dirujuk ke RSUD dari klinik Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Sebelum dirawat di ruang isolasi, tim dokter melakukan foto thorax terlebih dahulu.

“Perempuan 21 tahun ini dari Hong Kong, orang Lombok. Kemarin malam masuk sini, diantar oleh perawat dari klinik PJTKI,” terang dr Atok, Selasa (28/1/2020).

Atok menyebut, kini kondisi pasien yang diduga suspect virus corona tersebut sudah membaik. Namun, hingga kini pihaknya masih melakukan perawatan intensif.

BACA JUGA :  Melonguane Sulut Guncang Gempa Magnitudo 4,6

“Hari ini suhunya sudah 36,5 derajat Celcius, tidak ada sesak napas, batuk juga berkurang, napasnya sudah normal. Kondisi sudah stabil. Padahal saat datang kemarin, panasnya 38,8 derajat Celcius,” jelasnya.

Sementara itu, tim dokter juga bakal melakukan foto thorax kembali terhadap pasien tersebut. Hal itu guna memastikan adanya virus corona atau tidak. Pasalnya, meski panas turun, tim dokter tetap waspada terhadap tipe virus baru itu.

“Kondisi foto kemarin ndak ada lesi atau pneumonia. Nanti kita akan foto kembali. Selain itu, hari ini juga petugas lab akan mengambil sampel untuk dibawa ke laboratorium untuk menentukan apakah ada corona virus atau tidak,” bebernya.

BACA JUGA :  Usai Diguyur Hujan Deras, Jalan Raya Rangkasbitung-Bogor Ambles, Kondisinya Mengkhawatirkan

Sedangkan, bila hasil lab menyatakan pasien tersebut terjangkit virus corona, tim dokter mengaku, belum bisa memberikan obat khusus. Sebab, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menentukan obatnya.

“Namun pengobatan dari virusnya kan belum ditentukan oleh WHO. Ini kan virus baru, jadi kita belum bisa membuat obat, harus ada sampel virusnya dulu dan antidotnya dulu. Jadi untuk pasien ini sementara waktu kita berikan antibiotik, supaya tak ada lagi virus yang masuk, serta obat sakit tenggorokan dan penurun panas,” pungkasnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================