Pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia, atau kerusakan fisik paru. Gejala pneumonia secara umum yaitu demam, batuk berdahak, sesak napas, atau napas terasa berat.

Secara umum, pneumonia dapat menimbulkan infeksi berat (sepsis), kondisi shock, gagalnapas, hingga meninggal. Terdapat beberapa vaksin pneumonia untuk mencegah pneumonia. Namun, vaksin tersebut tidak bisa mencegah pneumonia yang sedang outbreak saat ini (nCoV).

Beberapa vaksin yang dimaksud seperti vaksin Pneumokokus (PCV -Pneumococcal Conjugate Vaccine), PCV13 (merek dagang Prevnar), Pneumokokus PPSV23 (nama dagang Pneumovax 23), dan vaksin Hib.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Nasi Goreng Jamur yang Lezat dan Bikin Nagih

Sementara itu, drFeni Fitriani SpP (K) MPd.Ked, Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Konsultan Paru Kerja dan Lingkungan RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, menyampaikan, penyakit ini dapat menyerang orang disegala usia. Namun, anak kecil, ibu hamil, dan lansia harus lebih waspada. “Sebab, kekebalan tubuh mereka tidak sebaik kekebalan tubuh orang di usia produktif,” kata dr Feni.

Kementerian KesehatanRepublik Indonesia melalui Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) telah memberi imbauan sebagai langkah pencegahan penularan penyakit ini. Diantaranya, menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin, istirahat cukup, menggunakan masker bila beraktivitas di luar ruangan, dan mencuci tangan saat bepergian, terutama ketika berkunjung atau kembali dari negara terjangkit.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Semur Ayam Saus Tiram yang Lezat untuk Menu Makan Bareng Keluarga

Seperti yang dikutip dari sindonews.com, mengenai vaksin, dr Feni menjelaskan, belum ada vaksin khusus untuk mencegah virus penyebab wabah pneumonia saat ini. “Hal ini karena pneumonia pada kasus outbreak saat ini disebabkan Virus Corona jenis baru,” ucapnya. Walaupun belum ada obatnya, dengan menjaga daya tahan tubuh dan menjalani perilaku hidup bersih serta gaya hidup sehat, kita dapat mencegah penyebaran penyakit ini lebih luas. (Selvi/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================