BOGOR TODAY – Mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Kota Bogor membuat anggota DPRD di komisi 4 melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kesehatan, di Jalan Kesehatan, Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (16/3/2020).

Dalam sidaknya itu, para anggota dewan di komisi 4 tersebut ingin melihat dan memastikan sejauh mana Dinas Kesehatan dalam mempersiapkan atau menanggulangi penanganan kasus corona. Namun, saat ditinjau ternyata dinkes belum siap menjalankan penanganan sesuai dengan surat edaran dari Walikota Bogor nomor 443.1/1075-umum tentang pencegahan corona virus disease (Covid-19) di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Basket Ramadan Cup 2024, Siapkan Atlet Berprestasi

“Belum ada kesiapan dari pihak Dinkes untuk melakukan penyemprotan desinfektan di Kota Bogor. Bahkan ketika minta di tunjukan alat-alat desinfektan, pihak Dinkes melalui dr Djohan menjawab ada di bidang lain dan tidak bisa menunjukan keberadaan tempat alat-alat atau pun cairan hand sanitizer,” kata Ketua Komisi 4 DPRD Kota Bogor, Ence Setiawan kepada wartawan.

Menurut Ence, di dalam surat edaran walikota itu sudah jelas bahwa seluruh sekolah diliburkan selama 14 hari, maka harus dilakukan penyemprotan di ruang publik atau pun fasilitas pelayanan masyarakat. Tetapi pihak Dinkes belum siap melakukan penyemprotan ataupun melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap virus Corona.

BACA JUGA :  Para Ibu Wajib Tahu, Ini Dia 10 Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik Anak

“Kami meminta agar Dinkes segera melakukan penyemprotan desinfektan serta menyiapkan cairan antiseptik di tempat-tempat publik layanan umum,” imbuhnya.

Senada, Anggota Komisi 4 Mahpudi Ismail mengatakan, bahwa Dinkes belum siap melaksanakan kesiapsiagaan antisipasi penanganan Corona, termasuk kesiapan di Puskesmas di seluruh Kota Bogor, juga belum siap, nyatanya sampai saat ini belum ada alat-alat ataupun cairan antiseptic disediakan di Puskesmas.

============================================================
============================================================
============================================================